a

Pimpin Bidang Ekonomi DPP NasDem, Millie Lukito Siapkan Kajian Ekonomi Mingguan

Pimpin Bidang Ekonomi DPP NasDem, Millie Lukito Siapkan Kajian Ekonomi Mingguan

JAKARTA (29 Juli): Pengusaha inovatif, Millie Lukito resmi didaulat menjadi Ketua Bidang Ekonomi DPP NasDem periode 2022-2024. Beragam program langsung disusun Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Komite Bilateral Indonesia–Kanada itu salah satunya kajian-kajian dan riset di bidang ekonomi setiap minggunya.

“Amanah dari organisasi yang saya emban ini tentu saya jalankan dengan sebaik-baiknya sebagai bagian dari  wujud pengabdian dan kepedulian saya pada bangsa dan negara,” kata Millie Lukito dalam keterangannya, baru-baru ini.

Pendiri dan CEO Mobiliari Group itu memang dikenal aktif baik secara akademis maupun praktisi di bidang ekonomi. Dia bahkan meraih gelar di bidang ekonomi dan bisnis (MBA) dengan predikat Summa Cum Laude dari Golden Gate University, San Francisco, Amerika Serikat.

Usai meraih gelar Bachelor of Arts (BA) dan Master in Business Administration (MBA) dengan kehormatan tertinggi (Summa Cum Laude) dari Menlo College, Atherton, CA dan Golden Gate University, San Francisco, CA, Amerika Serikat, Millie kemudian terpanggil untuk kembali ke tanah air dan memberikan pengabdian terbaiknya bagi Indonesia, sebagai pengusaha.

Salah satu semangat Millie untuk melakukan pengabdian di masyarakat berangkat dari semboyan yang pernah diserukan oleh John F. Kennedy, Don’t ask what your country can do for you, but ask what you can do for your country yang kemudian menjadi semangat utama Millie berkiprah melengkapi pengabdiannya pada bangsa dan negara.

Menurut dia dengan selalu menebarkan manfaat dan kebaikan pada masyarakat, hidup terasa lebih bermakna. Dia selalu memegang teguh prinsip jangan menunggu datangnya pertolongan dari negara, tetapi berusahalah untuk berbuat sesuatu demi negara.

“Prinsip ini selalu saya bawa kemanapun berada, karena saya percaya bahwa, bukanlah apa yang saya capai, tapi apa yang bisa kita berikan pada orang lain akan memberi arti yang sesungguhnya bagi perjalanan hidup kita,” kata Millie.

Perempuan kelahiran 5 April itu juga dikenal sebagai sosok yang sangat inovatif dan kreatif. Anak kedua dari pasangan Rudy Lukito dan Maria Lukito itu juga selalu penuh optimisme dalam memandang masa depan Indonesia. Ibundanya yakni Maria Lukito merupakan salah satu wanita berpengaruh di Indonesia versi Globe Asia  2007.

Millie juga ikut membantu orang lain maju dan berkembang melalui berbagai lembaga nirlaba yang didirikan, terutama bergerak di bidang pendidikan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar dapat bersaing di pentas dunia. Upaya tersebut dijalankan dia juga dalam rangka rasa syukur kepada Tuhan atas segala berkah yang telah diterimanya.

Millie mengawali kiprah sebagai entrepreneur mulai dikenal luas ketika ia di tahun 2000, mendirikan Mobiliari Group, penerbit majalah Tatler Indonesia. Mobiliari Group juga menerbitkan berbagai majalah gaya hidup termasuk mendukung kemajuan Indonesia di bidang sektor pariwisata, restoran, kecantikan, otomotif, perbankan dan properti di Indonesia.

Selanjutnya dia bergerak di bidang event eksklusif serta sukses merambah di bisnis media dengan platform digital. Pada 2000 hingga sekarang, Millie Lukito juga tercatat sebagai CEO dan pemegang saham PT. Wahana Mediatama penerbit Forbes Indonesia dan Forbes Life Indonesia.

Millie Lukito mendirikan Yayasan Pansophia Nusantara yang fokus membantu anak-anak di ‘usia emas’  3 hingga 6 tahun dari keluarga tak mampu (pra sejahtera).

Dimulai sejak 2009 dari sekitar 30 anak di wilayah Dadap, Tangerang Banten, kini yayasannya telah berkembang luas  dengan 9 sekolah di berbagai kota Indonesia seperti Jakarta, Bali, Bitung, Manado, Kupang dan telah meluluskan lebih dari 20 ribu siswa di seluruh Indonesia.

Berikutnya pada 2017, melalui Maria Lukito Foundation (MLF) ia membantu para siswa SMA putus sekolah dari keluarga tak mampu untuk dapat meneruskan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi/universitas. MLF pun bekerjasama dengan dengan Perhimpunan Persahabatan Indonesia – Amerika (PPIA) dan Voice of America (VOA untuk mengirim para jurnalis belajar dan menimba ilmu di VOA Washington, Amerika Serikat.

Millie juga turun langsung dalam menjawab tantangan generasi muda adanya kesulitan dalam mencari lapangan kerja dengan membangun platform pendidikan berbasis digital yaitu, GuruSemua.com yang antara lain memberikan pelatihan serta keterampilan secara praktis dan cepat bagi generasi milenial untuk dapat terjun di dunia kerja atau menjadi wirausaha muda mandiri yang dapat memperkuat perekonomian Indonesia di masa depan.

Hal itu semata-mata dilakukan dalam rangka meneguhkan pengabdian dan dedikasi yang konkret kepada masyarakat.

“Saatnya kita melangkah bersama dalam perjuangan ini, saya percaya dengan tekad kebersamaan, persatuan serta semangat pantang menyerah, Indonesia akan menjadi bangsa yang besar serta dapat menyejajarkan diri dengan negara-negara lain yang telah maju,” pungkas dia.

(WH)

Add Comment