a

Fraksi NasDem Usul Tunda Pemilihan Wagub Jakarta

Fraksi NasDem Usul Tunda Pemilihan Wagub Jakarta

JAKARTA (15 Maret): Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mengusulkan untuk menunda rencana pemilihan wakil gubernur (wagub) yang akan diselenggarakan 23 Maret mendatang. 

Usulan ini menyusul adanya imbauan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghindari pertemuan dengan banyak orang.

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengatakan, posisi wagub memang sudah seharusnya diisi. Namun sesuai imbauan Jokowi, dia mengusulkan, agar pemilihan wagub DKI ditunda sementara.

“Kita harus lihat kondisinya. Jangan sampai pemilihan wagub selesai, tapi menyebabkan penyebaran virus corona. Karena kita tidak tahu saat ini apakah seseorang benar-benar sehat atau tidak,” kata Wibi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (15/3).

Sekalipun ada pengawasan ketat, dia mengungkapkan, tidak ada jaminan pengukuran suhu badan memastikan seseorang bebas covid-19. Pasalnya ada pasien positif corona tanpa mengalami gejala panas, pusing dan flu.

“Ini langkah antisipasi. Kita mengikuti pemerintah pusat dan daerah juga. Mundur sampai dinyatakan semua sudah terkendali. Sebagai wakil rakyat, kita juga harus memberikan contoh bahwa keselamatan adalah yang utama. Bukan sekadar posisi politis,” tegas legislator NasDem DKI tersebut.

Selain itu, Wibi mengusulkan, anggota dewan membantu menyosialisasikan bahaya covid-19. Harapannya kesadaran masyarakat terbangun dan mengurangi penyebaran virus itu.(*)

Add Comment