a

Rachmad Gobel Gandeng BUMN Bangun Koperasi Petani Jagung

Rachmad Gobel Gandeng BUMN Bangun Koperasi Petani Jagung

GORONTALO (6 Maret): Anggota DPR dari Fraksi NasDem Rachmad Gobel menggandeng  BUMN PT Petrokimia Gresik Group dalam upaya peningkatan kompotensi dan pendapatan petani jagung di Gorontalo. 

Pada kesempatan itu, PT Petrokimia Gresik Group memberikan pelatihan budidaya jagung kepada para petani jagung di Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (5/3).

Pada pelatihan ini, ada empat lokasi Demplot (memontration plot) atau lahan percontohan bagi pertanian jagung yang akan dibina oleh PT Pertokimia Gresik Group di Kabupaten Gorontalo.

“Jika keempat demplot pertanian ini berhasil, maka saya akan melakukan program ini di seluruh daerah yang ada di provinsi Gorontalo, karena goals kita adalah meningkatkan hasil pertanian jagung yang berkualitas di Gorontalo. Sehingga para petani bisa merasakan hasil yang maksimal," ungkap Rachmad yang juga wakil ketua DPR ini.

Menurut anggota DPR dari Dapil Gorontalo ini, pelatihan bagi para petani di Gorontalo sangatlah penting, karena sebagian besar masyarakat Gorontalo berprofesi sebagai petani. Tujuannya menurunkan angka kemiskinan di Gorontalo bisa terealisasi, salah satunya jika pendapatan para petani meningkat.

“Lewat pendidikan budidaya jagung yang dibina oleh PT Pertokimia Gresik Group, saya ingin menciptakan petani pejuang di Gorontalo, agar mereka bisa mandiri dan tidak bergantung pada pupuk subsidi. Saya juga akan menghadirkan koperasi letani untuk mengakomodasi kebutuhan petani dalam masa tanam. Bahkan mencarikan solusi untuk pemasaran hasil pertanian mereka," jelas legislator NasDem itu.

Dalam pelatihan tersebut Rachmad bersama  Petrokimia Gresik Group menyerahkan bantuan mesin pompa air kepada kelompok petani agar dapat mengatasi kekeringan di lahan pertanian milik mereka, karena para petani jagung yang ada di Tibawah masih bergantung pada kondisi hujan.(BA/*)

Add Comment