a

Saan Pimpin Komisi II DPR Cek Persiapan Pemilu di Purwakarta

Saan Pimpin Komisi II DPR Cek Persiapan Pemilu di Purwakarta

PURWAKARTA (16 November): Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa memimpin kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dalam rangka mengecek kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kita ingin tahu terkait persiapan yang dilakukan baik oleh Pemda Purwakarta, KPU dan juga Bawaslu dari tahapan-tahapan yang sudah berjalan,” ujar Saan di kompleks Pemkab Purwakarta, Rabu (15/11). Rombongan Komisi II DPR diterima Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan.

Saan mengatakan, beberapa hal yang dipantau antara lain penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), dan terkait mekanisme pengaduan atau gugatan ke Bawaslu.

“Kami ingin memastikan terkait dengan soal penyediaan logistik terutama untuk pemilu legislatif. Untuk DPRD Kabupaten Purwakarta ada enam dapil, kami ingin tahu bagaimana persiapan dan sebagainya,” tandas Saan.

Selain itu, lanjut Saan, Komisi II DPR juga ingin mengetahui persoalan terkait Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pilkada.

“Kami mendapat informasi semua NPHD sudah ditandatangani. Bahkan 40 persen biaya untuk pilkada di Purwakarta, untuk KPU dan Bawaslu sudah dicairkan. Sisanya sebesar 60 persen dicairkan 2024,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Legislator NasDem dari Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta) itu juga mempertanyakan soal netralitas ASN dan pejabat di Pemkab Purwakarta.

“Pj Bupati Benni Irwan berkomitmen untuk menjaga netralitas ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta. Begitu juga dengan Forkopimda mereka sama-sama berkomitmen untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024,” tandas Saan.

(MI/*)

Add Comment