a

Peningkatan Imunitas Anak Harus Konsisten Dilakukan

Peningkatan Imunitas Anak Harus Konsisten Dilakukan

JAKARTA (21 Januari): Ketertinggalan sejumlah program imunisasi dasar terhadap anak yang terkendala pandemi Covid-19 harus segera dituntaskan untuk menghindari merebaknya beberapa penyakit yang menyasar anak-anak. Upaya peningkatan imunitas anak bangsa harus konsisten dilakukan.

“Pesatnya peningkatan jumlah kasus campak di Tanah Air harus menjadi alarm bagi kita, bahwa sejumlah program imunisasi dasar wajib terhadap anak yang tertunda akibat pandemi harus sesegera mungkin dituntaskan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/1).

Data Kementerian Kesehatan RI menunjukkan sepanjang 2022 tercatat 3.341 kasus campak yang menyebar di 223 kabupaten/kota di 31 provinsi. Jumlah tersebut meningkat 32 kali lipat jika dibandingkan kasus campak pada 2021.

Baca juga: Perlu Kolaborasi Semua Pihak Tingkatkan Imunitas Masyarakat

Penyebab kenaikan kasus campak yang cukup signifikan itu terkonfirmasi karena sudah 2 tahun berturut-turut Indonesia tidak bisa mencapai target pelayanan imunisasi rutin campak akibat Covid-19.

Para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, ujar Lestari Moerdijat yang biasa disapa Rerie itu, harus bergerak secara masif melakukan skrining kesehatan anak dan balita untuk kemudian segera melengkapi sejumlah imunisasi dasar terhadap anak dan balita yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Legislator NasDem itu berharap ledakan kasus campak pada anak tidak diikuti dengan lonjakan kasus penyakit lainnya sebagai dampak dari belum lengkapnya imunisasi dasar yang diterima anak dan balita.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu mendorong sosialisasi dan edukasi masif terhadap masyarakat terkait pentingnya pemberian imunisasi lengkap terhadap anak dan balita, untuk menghindari lonjakan sejumlah penyakit.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat perlunya satu gerakan bersama yang didukung seluruh elemen masyarakat serta para pemangku kepentingan di pusat dan daerah, agar kesadaran orang tua untuk melengkapi imunisasi dasar anaknya terus meningkat.

Menurut Rerie tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berbagai upaya meningkatkan imunitas anak sejak dini, harus terus dilakukan untuk mewujudkan anak bangsa yang sehat dan menjadi generasi penerus yang mampu menghadapi berbagai tantangan.(*)

Add Comment