a

Dukungan Sembilan Tahun Masa Jabatan Kades Terus Mengalir

Dukungan Sembilan Tahun Masa Jabatan Kades Terus Mengalir

INHU (18 Januari): Suara hati para Kepala Desa (Kades) yang tergabung dalam Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah perpanjangan masa jabatan 9 tahun dari yang sebelumnya hanya 6 tahun.

Ketua Dewan Pertimbangan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Riau, yang juga Mantan Bupati Indragiri Hulu (Inhu) dua periode, H. Yopi Arianto juga mendukung periodisasi jabatan kepala desa (Kades) diperpanjang hingga 9 tahun seperti tuntutan belasan ribu kades se-Indonesia.

Yopi berpandangan dengan masa jabatan 9 tahun dalam satu periode, kades akan lebih leluasa mengurus dan melakukan pembangunan desanya.

“Karena dengan jabatan 9 tahun, kades akan lebih fokus bekerja,” ujar Yopi, dalam keterangannya, Rabu (18/1).

Pria yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat itu juga meyakini jabatan kades 9 tahun akan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

“Kades akan punya lebih banyak waktu untuk menyejahterakan warganya,” kata Yopi.

Sebelumnya Anggota Fraksi NasDem DPR RI yang juga Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP NasDem, Charles Meikyansyah juga menerima langsung aspirasi tuntutan kepala desa.

Baca juga: Fasilitasi APDESI Jember, Haji Charles Dukung Revisi UU Desa

Charles bahkan memfasilitasi ratusan kades asal Kabupaten Jember tersebut dalam rangka menyampaikan aspirasinya di depan Gedung DPR RI, Selasa (17/1).

Menurut Charles terdapat sepuluh poin yang menurutnya perlu dievaluasi dalam UU Desa diantaranya soal kedudukan dan jenis desa, tugas dan tanggung jawab penataan desa, kewenangan desa, penyelenggaraan pemerintahan desa, peraturan desa, keuangan dan aset desa, pembangunan desa dan kawasan desa, ketentuan desa adat, hak dan kewajiban desa serta masyarakat desa, serta pembinaan dan pengawasan.

“Salah satu usul yang disampaikan terkait revisi Undang-Undang tentang Desa ini adalah mengenai perpanjangan masa jabatan kepala desa dan perangkat desa. Masa jabatan kepala desa yang hanya enam tahun dinilai terlalu pendek sehingga para kades terpilih belum bisa menyelesaikan rencana pembangunan desa,” ungkap Charles.

(WH)

Add Comment