a

Bangun Daerah, NasDem Perkuat Kolaborasi dengan Kepala Desa di Situbondo

Bangun Daerah, NasDem Perkuat Kolaborasi dengan Kepala Desa di Situbondo

JAKARTA (17 JANUARI): Puluhan Kepala Desa (Kades) yang tergabung dalam Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur (Jatim) bersilaturahmi ke NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (17/1). Rombongan diterima langsung sejumlah pengurus DPP Partai NasDem seperti Wakil Sekjend Bidang Umum dan Administrasi, Siar Anggreta Siagian.

Hadir pula Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Situbondo, Insan Kamil beserta jajaran pengurus NasDem Situbondo.

Insan Kamil yang juga dikenal sebagai Aktivis HAM itu menerangkan partainya mendukung upaya Kades menyampaikan suaranya terhadap masa depan Undang-Undang Desa. Untuk itu para kades yang berjumlah 96 itu juga mendapat kesempatan bermalam di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) NasDem.

“Jadi kita itu fasilitasi teman-teman kepala desa dari Kabupaten Situbondo terutama teman-teman yang tergabung dengan APDESI,” kata Insan Kamil saat ditemui di NasDem Tower, Selasa (17/1).

Insan menerangkan para kepala desa seluruh Indonesia sedang menyampaikan aspirasi ke Senayan untuk itu NasDem kata dia merasa penting dan tergerak untuk membantu mempernudah agenda mereka di Jakarta.

Baca juga: NasDem Apresiasi Keputusan Presiden Soal Dana Operasional Kades

Masih kata Insan, NasDem sudah lama berhubungan dengan kepala desa yang tergabung dalam APDESI kurang lebih sekitar dua tahun berdiskusi dan bekerja bersama merancang bagaimana memajukan Kabupaten Situbondo terutama yang terkait dengan kehidupan masyarakat desa.

Insan menandaskan bahwa NasDem Tower merupakan sentrum perubahan dan pergerakan atau simbol dari Partai NasDem yang menurut dia penting agar para kepala desa dapat mengenal secara dekat Partai NasDem.

“Dan mengenal secara dekat itu salah satunya mengenal secara fisik jadi tahu NasDem Tower tahu bahwa NasDem ini sangat serius menjadi sebuah partai besar, partai masa depan yang didedikasikan untuk berabad-abad yang akan datang dan salah satu simbolnya yang bisa kita lihat adalah NasDem Tower yang sangat luar biasa ini,” kata dia.

Lebih jauh dia juga melihat langsung bagaimana antusias para kepala desa saat melakukan NasDem Tower Tour melihat langsung berbagai fasilitas yang ada di NasDem Tower yang menjadi semangat dan optimisme politik.

“Luar biasa itu bukan kata kita yang kader ya tapi kesaksian-kesaksian banyak orang termasuk juga tadi teman-teman Kades itu memberikan kesaksiannya langsung tepuk-tepuk saya luar biasa NasDem memang luar biasa,” ungkap dia.

Sementara itu Kepala Desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Muhammad Samsuri Abbas, menerangkan hubungan para kepala desa di Situbondo sangat erat dengan NasDem.

“Jadi kita ini sudah menjalin kemitraan dengan NasDem sudah lama bukan hanya persoalan politik praktis tetapi dari sisi kegiatan kemanusiaan kita sudah sering lakukan termasuk membantu masyarakat desa di Situbondo,” kata Samsuri Abbas yang juga Sekretaris APDESI Provinsi Jawa Timur itu.

Dia melihat bagaimana pentingnya pendidikan politik bagi semua pihak begitu juga para kepala desa. Dia melihat NasDem memiliki komitmen yang jelas dan berbeda dengan partai lain, NasDem kata dia merupakan partai yang terus hadir di tengah masyarakat bukan hanya pada saat mendekati pesta demokrasi.

“Mudah-mudahan ke depan senantiasa bermitra bagaimana mengangkat citra kepala desa itu ke depan semakin baik dari sisi politik bukan hanya melulu jadi kepala desa tapi pada saatnya nanti kepala desa itu menjadi anggota DPRD, kabupaten atau provinsi bahkan pusat atau di Pilkada misalnya itu kan tidak lepas dari partai politik itu kan yang kita juga ingin kerjasamakan ke depan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Sekjend Bidang Umum dan Administrasi, Siar Anggreta Siagian menyampaikan rasa bahagianya lantaran NasDem Tower kedatangan rombongan kepala desa asal Situbondo. Menurutnya kolaborasi tersebut tak lepas dari peran dan perjuangan Ketua DPW NasDem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi terus hadir dan berinteraksi dengan semua elemen masyarakat.

“Kebahagiaan bagi kami menerima bapak ibu semuanya. Mudah-mudahan dapat memberikan kesan yang membahagiakan,” demikian tandasnya.

(WH)

Add Comment