a

Pencabutan PPKM Ujian Kemandirian Menuju Endemi Covid-19

Pencabutan PPKM Ujian Kemandirian Menuju Endemi Covid-19

JAKARTA (31 Desember): Pencabutan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan ujian kemandirian masyarakat dalam proses transisi menuju endemi Covid-19. Kesadaran yang tinggi dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan proses tersebut berhasil.

“Fase ini merupakan tahapan yang sangat menentukan dalam proses menuju endemi Covid-19. Sangat diperlukan kesadaran dan kedewasaan masyarakat dalam menyikapi masa transisi ini,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (31/12).

Menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, meski kebijakan PPKM dicabut, pemerintah berharap masyarakat melakukan pencegahan dan deteksi dini secara mandiri bila menghadapi dugaan paparan Covid-19.

Selain itu, ujar Legislator NasDem tersebut, kedewasaan masyarakat dalam menyikapi pencabutan kebijakan PPKM sangat dibutuhkan dengan tetap mematuhi sejumlah saran pencegahan yang dianjurkan pemerintah.

Diakui Rerie yang juga anggota Komisi X DPR dari Dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu, saat ini merupakan pembuktian apakah masyarakat mampu mengamalkan nilai-nilai persatuan dan gotong-royong, yang merupakan bagian dari nilai-nilai kebangsaan, dalam menghadapi tantangan bangsa dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat, penggunaan masker di tempat umum bila kondisi tidak fit yang disarankan pemerintah, harus menjadi norma keseharian masyarakat.

Demikian pula kelengkapan vaksinasi Covid-19 hingga dosis ke-3 atau booster, tambah dia, harus menjadi kesadaran masyarakat dalam upaya meningkatkan imunitas diri dari paparan Covid-19.

Karena itu Rerie mengajak segenap anak bangsa untuk bersatu mengedepankan semangat pencegahan penyebaran Covid-19 dalam keseharian, agar bangsa Indonesia mampu melewati masa transisi menuju endemi Covid-19 dan melaksanakan proses pembangunan dengan baik untuk mewujudkan bangsa yang bermartabat serta negara yang adil, makmur berdasarkan Pancasila.(*)

Add Comment