a

Selain Pajale, Kader NasDem Juga Kembangkan Budidaya Buah-Buahan

Selain Pajale, Kader NasDem Juga Kembangkan Budidaya Buah-Buahan

SUKABUMI (28 Desember): Komitmen Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem, H. Ayep Zaki dalam membangun ekosistem pertanian sudah membuahkan hasil selain daripada budidaya Padi, Jagung, maupun Kedelai (Pajale). Saat ini juga terus dikembangkan budidaya sektor buah-buahan, khususnya pisang.

“Jadi ini satu komitmen bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian dan ini komitmen yang terus dibangun selama lamanya,” kata H. Ayep Zaki kepada nasdem.id, Rabu (28/12).

Wakil Bendahara Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) itu menerangkan, di luar komoditas Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale) pihaknya juga mengembangkan varian pisang lokal hingga premium seperti pisang tanduk, pisang raja bulu, pisang barangan, pisang mas, pisang ambon termasuk juga pisang cavendis.

“Kita sudah dua kali panen waktu penanamannya itu kurang lebih sekitar delapan bulan yang lalu,” terangnya.

Baca juga: NasDem Konsisten Terus Garap Program Satu Juta Hektare Pajale

Ayep Zaki yang juga Anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu menerangkan, selain pisang pihaknya juga turun langsung memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para petani buah-buahan seperti durian dan melon premium.

“Dan kita akan terus mengembangkan kepada buah-buahan lain termasuk juga melon yang premium termasuk juga durian lokal yang memang produk dari balai benih yang diproduksi oleh balai-balai benih yang standar yang bersertifikasi,” terang dia.

Ketua Dewan Pakar DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi itu melanjutkan pihaknya akan terus mengembangkan langkahnya demi terciptanya satu ekosistem pertanian yang akan melahirkan ekosistem ekonomi yang pada akhirnya membidani kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh yang terlibat di ekosistem tersebut.

“Jadi apabila ingin berkembang maju bersama-sama saya mengajak kepada seluruh bisa bergabung bersama kami bergabung dengan NasDem pada Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa,” kata dia.

Lebih jauh Ayep menerangkan selain di wilayah Sukabumi pihaknya juga fokus mengembangkan budidaya buah-buahan tersebut di Kabupaten Cianjur, di Provinsi Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Lampung.

“Kita fokus terus menerus dan ini komitmen saya sebagai kader NasDem yang anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem. Kita bekerja terus, bekerja dan bekerja pada akhirnya kita akan mendapatkan hasil untuk kepentingan bersama-sama,” demikian tutup Ayep.

(WH)

Add Comment