a

Hadapi Ancaman Bencana dengan Semangat Gotong Royong

Hadapi Ancaman Bencana dengan Semangat Gotong Royong

JAKARTA (27 Desember): Semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem yang memicu bencana alam sepanjang masa liburan akhir tahun. Pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus siap siaga mengantisipasi ancaman bencana tersebut.

“Semua pihak harus benar-benar siap siaga mengantisipasi ancaman cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan bencana di masa liburan akhir tahun ini,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/12).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis perkiraan cuaca di Indonesia mulai 25 Desember 2022-1 Januari 2023.

BMKG menyebut seluruh wilayah Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat hingga sangat lebat selama periode Natal dan Tahun Baru 2023.

Selain itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 49 kejadian bencana selama sepekan dari 19-25 Desember 2022. Kejadian tersebut disebabkan cuaca ekstrem dan banjir yang kemudian mengakibatkan tanah longsor, gelombang pasang dan abrasi.

Baca juga: Kewaspadaan Terhadap Ancaman Bencana Harus Jadi Dasar Pembangunan

Lestari Moerdijat yang akrab disapa Rerie berharap para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mengantisipasi ancaman bencana alam tersebut dan benar-benar menyiapkan sejumlah langkah dengan baik, di tengah meningkatnya perjalanan masyarakat pada masa liburan.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu mengimbau masyarakat agar terus memantau perkiraan cuaca terkini dan kondisi wilayah yang akan menjadi tujuan perjalanannya.

Sehingga dalam melakukan perjalanan selama liburan akhir tahun, masyarakat dapat benar-benar aman dan terhindar dari ancaman bencana alam.

Bagi wilayah-wilayah yang diperkirakan rawan terhadap cuaca ekstrem, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, pemerintah daerahnya harus mampu menggalang potensi masyarakat di wilayahnya untuk bersama-sama melakukan upaya antisipasi bencana.

Menurut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu, langkah-langkah membangun semangat gotong-royong antarwarga dalam menghadapi ancaman bencana alam di setiap wilayah Tanah Air harus dikedepankan dalam rangka memperkokoh nilai-nilai persatuan Indonesia pada setiap warga negara.(*)

Add Comment