a

Sepanjang 2022 Subardi Salurkan Bantuan untuk 264 Dusun se-DIY

Sepanjang 2022 Subardi Salurkan Bantuan untuk 264 Dusun se-DIY

SLEMAN (26 Desember): Sepanjang 2022, anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Subardi menyalurkan bantuan melalui program aspirasinya kepada 264 dusun atau padukuhan se-DIY.

Program tersebut antara lain berupa penerangan jalan umum, pengerasan jalan (aspal/beton), pembangunan balai dusun, bantuan budidaya ikan, bantuan alat mesin pertanian, pembuatan kandang ternak sapi dan kambing, pemasangan jaringan pipa air bersih, bantuan tenda, bantuan mesin genset, bantuan mesin penggilingan Padi (huller), bantuan mesin jahit dan bantuan 10 ribu paket sembako.

Rekap kinerja Subardi disampaikan dalam forum ‘Evaluasi dan Proyeksi Rumah Aspirasi Subardi tahun 2023’ di kantor Subardi Center, Padukuhan Papringan, Kecamatan Caturtunggal, Sleman, DIY, Senin (26/12). Sejak awal menjabat sebagai anggota DPR pada 2019, Subardi merilis rekap kinerja aspirasinya setiap akhir tahun.

“Memang setiap akhir tahun saya rutin merekap kinerja agar masyarakat menilai secara obyektif. Bagi saya, kerja-kerja politik harus dirasakan masyarakat,” kata Subardi.

Anggota Komisi VI DPR RI itu mengatakan ada perbedaan pola realisasi program pada tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, Subardi yang juga Ketua DPW Partai NasDem DIY itu membangun konsep dusun binaan. Setiap dusun yang menerima bantuan aspirasi selanjutnya dipantau dan dikembangkan sesuai potensi.

Baca juga: Subardi Beri Fasilitas Gratis kepada Pelaku UMKM Bantul

Ia mencontohkan di Padukuhan Klotakan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulonprogo, pembangunan balai dusun dilanjutkan dengan bantuan berupa mesin jahit bagi kelompok ibu-ibu. Di Padukuhan Seyegan, Margokaton, Sleman, pembangunan balai dusun dilanjutkan dengan bantuan penerangan jalan umum, pengaspalan jalan dan peternakan ikan lele. Di Padukuhan Krapyak, Kecamatan Margoagung, Sleman, Subardi menyerahkan bantuan mesin uap untuk kelompok produsen tahu tradisional.

“Pola dusun binaan merupakan program kesinambungan. Tidak hanya bantuan fisik, ada kelompok warga yang kita ikutkan pelatihan wirausaha. Jadi konsepnya membangun potensi dusun sekaligus meningkatkan SDMnya,” kata legislator NasDem dari Dapil DIY tersebut.

Selain bantuan fisik, program aspirasi Subardi lainnya adalah pelatihan wirausaha yang dilakukan bertahap sepanjang 2022. Ribuan pelaku usaha, mulai dari pemula, pelaku usaha kecil dan menengah telah mengikuti pelatihan tersebut. Melalui pelatihan itu pula, ada interaksi antara pelaku usaha kecil dengan pelaku usaha besar sehingga terjalin koneksi bisnis.

Kinerja program aspirasi Subardi sepanjang 2022 meningkat dibanding 2021. Bila tahun ini mencakup 264 dusun, tahun lalu hanya mencakup 180 dusun. Peningkatan itu menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Legislator NasDem yang akrab disapa Mbah Bardi itu kian meningkat. Subardi bersyukur atas capaian itu. Melalui pendekatan kolaboratif, hubungan antara dirinya dengan masyarakat lebih terjalin erat.

“Kita saling dukung, bersinergi, berkolaborasi. Saya selalu merespons aspirasi masyarakat sekaligus merealisasikan. Pola ini membangun ikatan yang kuat dan menjadi perjuangan bersama,” pungkasnya.

(NK/*)

Add Comment