a

Masyarakat Butuh Informasi Akurat Tentang Kanker Payudara

Masyarakat Butuh Informasi Akurat Tentang Kanker Payudara

JAKARTA (29 November): Informasi yang akurat tentang kanker payudara sangat dibutuhkan masyarakat dalam upaya mencegah dan mengobati penyakit kanker sebagai penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan selamat kepada para sahabat Cancer Information & Support Center Association (CISC) yang telah bekerja keras mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk menghadirkan buku panduan yang berisi informasi yang akurat bagi masyarakat tentang kanker payudara ini,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada peluncuran secara daring buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara yang diinisiasi oleh Cancer Information & Support Center Association (CISC), Selasa (29/11).

Hadir secara daring pada peluncuran buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara itu antara lain Dante Saksono Harbuwono (Guru Besar, Wakil Menteri Kesehatan), Soehartati Argadikoesoema Gondhowiardjo (Guru Besar, Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia), Kemala Rita Wahidi (Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia), Inez Nimpuno (Editor, Staf Kemenkes Australian Capital Territory), Bambang Chriswanto (Policy & Public Affairs Director Indonesia/Phlippines Pfizer) dan Aryanthi Baramuli Putri (Ketua Umum CISC).

Sebagai survivor kanker payudara, Lestari Moerdijat yang akrab disapa Rerie memahami bahwa masyarakat dan penderita kanker payudara sangat membutuhkan informasi yang akurat tentang penyakit yang mereka hadapi.

Di tengah maraknya informasi di era digital saat ini, ujar Rerie, seringkali masyarakat kesulitan menemukan informasi tentang kanker payudara yang akurat.

Buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara itu, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI tersebut, merupakan salah satu sumber pengetahuan dan petunjuk praktis bagi masyarakat untuk mengenali dan memahami bagaimana langkah-langkah pencegahan dan pengobatan medis kanker payudara yang tepat dan benar.

Upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kanker payudara, ujar Rerie, merupakan langkah awal untuk mengajak masyarakat melakukan deteksi dini kanker payudara dengan menggalakkan gerakan periksa payudara sendiri (SADARI) dan periksa payudara klinis (SADANIS).

Karena, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, langkah tepat penanganan melalui deteksi dini sangat mempengaruhi survival rate para penderita kanker payudara di Tanah Air.

Apalagi, ujar Legislator NasDem itu, buku panduan tersebut menyajikan secara komprehensif setiap tahapan dengan tindakan dan langkah tepat dalam penanganan kanker payudara sesuai dengan diagnosa.

Buku panduan yang diinisiasi CISC ini, tambah dia, merupakan salah satu jawaban untuk mengatasi ketidakpahaman masyarakat tentang kanker payudara saat ini.

Tantangan berikutnya, menurut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu, adalah bagaimana informasi akurat dalam buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara tersebut bisa disajikan dengan format yang lebih sederhana dan praktis, sehingga bisa diakses lebih mudah bagi banyak orang.

Di akhir sambutannya, Rerie memutarkan PINK song yang dibawakan oleh Dolly Parton, Monica, Jordin Sparks, Rita Wilson & Sara Evans, sebagai penyemangat bagi para penderita kanker payudara di Tanah Air.(*)

Add Comment