a

NasDem Tawarkan Politik Gagasan di Konferensi SocDem Asia

NasDem Tawarkan Politik Gagasan di Konferensi SocDem Asia

JAKARTA (23 November): Partai NasDem terus menggaungkan politik gagasan dalam mempersiapkan diri menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang. Siapapun yang nantinya menang adalah murni karena gagasan bukan karena mempertajam perbedaan.

Demikian diutarakan Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem, Martin Manurung di sela-sela diskusi panel yang menjadi rangkaian acara SocDem Asia – Progressive Alliance Conference 2022: Politics of Identities: Harnessing Power in Diversity and Unity di Grand Ballroom NasDem Tower, Rabu (23/11).

Martin mengatakan kegiatan kali ini merupakan konferensi regional dengan diikuti oleh 23 negara kawasan dari anggota Progressive Alliance. Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR RI itu para peserta sangat mengapresiasi sistem demokrasi di Indonesia yang masih cukup kuat.

Kendati demikian, menurut Martin para peserta juga menceritakan pengalaman di negaranya masing-masing bahwa adanya ektrimisme yang terjadi baik dengan isu-isu nasionalisme maupun isu-isu seperti sekterianisme yang perlu mendapat perhatian bersama.

“Jadi mereka juga memberikan kita contoh-contoh pengalaman-pengalaman yang sudah mereka tempuh sehingga mungkin nanti NasDem dan juga bangsa Indonesia ini bisa memiliki referensi ketika harus menghadapi kelompok-kelompok seperti ini dalam menghadapi Pemilu,” kata Martin.

Baca juga: Fraksi NasDem DPR Terima Kunjungan Socdem Asia-Progressive Alliance

Legislator asal Dapil Sumatera Utara II itu kemudian menawarkan politik gagasan dalam rangka menjaga kualitas Pemilu di Indonesia yang harus diwarnai dengan pertarungan gagasan bukan tentang pertarungan identitas.

“Jadi kita harus komit saya pikir juga seluruh kekuatan politik di Indonesia bahwa siapapun yang menang nanti dalam Pemilu itu adalah karena kemenangan gagasan bukan karena kita mempertajam perbedaan,” tutup dia.

(WH)

Add Comment