a

Roberth Rouw Sampaikan Duka Cita untuk Korban Gempa Cianjur

Roberth Rouw Sampaikan Duka Cita untuk Korban Gempa Cianjur

JAKARTA (22 November): Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI, Roberth Rouw menyampaikan duka cita mendalam atas bencana gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11).

“Semoga warga yang terdampak diberi ketabahan dan kekuatan. Semoga Kabupaten Cianjur lekas pulih dan bangkit,” ujar Roberth saat membuka Rapat Dengar Pendapat Komisi V DPR dengan BMKG dan Basarnas, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11).

Roberth yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR itu menilai, pemahaman akan mitigasi bencana, termasuk proses evakuasi saat bencana gempa menjadi sebuah keharusan.

“Dimana salah satunya adalah pemahaman terkait dengan berbagai tindakan yang harus dilakukan saat bencana, dalam hal ini gempa bumi. Karena itu, sosialisasi yang masif adalah sebuah keharusan,” tandasnya.

Baca juga: Surya Paloh Sampaikan Duka NasDem atas Gempa Cianjur

Ia mendorong BMKG untuk semakin intensif bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait dengan peningkatan kapasitas dan pemahaman masyarakat mengenai mitigasi bencana.

“Sebab, akses tercepat dari masyarakat di daerah hingga ke desa adalah pemerintah daerah,” imbuhnya.

Legislator NasDem dari Dapil Papua itu mengatakan peningkatan kapasitas dan pemahaman masyarakat dalam menghadapi bencana gempa tentu saja sedikit banyak akan mengurangi kepanikan yang dirasakan saat bencana terjadi.

Salah satu protokol yang mesti dipahami masyarakat ialah saat menghadapi bencana gempa. Saat berada di ruangan, hendaknya berlindung di bawah meja atau furnitur yang kokoh selama gempa terjadi.

“Kemudian setelah gempa maka berkumpul di titik tertentu di luar ruangan dan tetap waspada. Salah satu hal yang terpenting dalam menjalankan berbagai tindakan tersebut adalah tetaplah tenang dan jangan panik. Ini harus disebarkan secara masif,” tukasnya.

(dis/*)

Add Comment