a

Sektor Pertanian Harus Jaga Pertumbuhan Pangan Dunia

Sektor Pertanian Harus Jaga Pertumbuhan Pangan Dunia

JAKARTA (16 November): Kapoksi Partai NasDem di Komisi IV DPR RI, Sulaeman L Hamzah mengapresiasi pencapaian pada 2022 dan target peningkatan produksi Kementerian Pertanian (Kementan) pada 2023.

Menurut Sulaeman, capaian Kementan dalam beberapa tahun terakhir sudah cukup baik. Bahkan, beberapa komoditas penting tidak perlu lagi impor karena sudah terpenuhi produksi dalam negeri.

“Kami mengapresiasi capaian 2022 dan peningkatan target produksi tahun 2023. Apalagi ada beberapa komoditas impor seperti daging sapi, kedelai dan tebu yang akan dipenuhi dari dalam negeri. Untuk itu, kami mendorong Kementan menerapkan strategi substitusi dengan bahan lokal,” ujar Sulaeman dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR dengan jajaran Eselon I Kementan, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11).

Baca juga: Sulaeman Panen Bawang Merah Bersama Kelompok Tani

Sulaeman mengatakan, target peningkatan produksi nasional harus dilakukan mengingat kondisi dunia saat ini sedang tidak sehat akibat dampak krisis global. Hal inilah yang juga akan berdampak langsung pada kondisi dan produksi nasional.

“Yang pasti target dan produksi dalam negeri akan terganggu dengan adanya krisis global ini, seperti perubahan iklim dan dampak perang yang membuat pertumbuhan ekonomi global melambat. Karena itu, peningkatan produksi sudah sangat tepat dan harus ada skema tambahan anggaran untuk peningkatan komoditas lainnya,” tandasnya.

Di sisi lain, Legislator NasDem dari Dapil Papua itu mendorong Kementan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan produktivitas pertanian melalui program perluasan area tanam untuk memperkuat ketersediaan pangan nasional.

“Kita sepakat sektor pertanian harus diperkuat untuk menjaga pertumbuhan pangan dunia,” pungkasnya.

(MI*)

Add Comment