a

Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Usul Skema Pembangunan ITF Dievaluasi

Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Usul Skema Pembangunan ITF Dievaluasi

JAKARTA (15 November): Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta mempertanyakan tipping fee yang harus dibayarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terhadap pengelolaan sampah di Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter, Jakarta Utara. Tipping fee merupakan bea gerbang yang dibayarkan pemerintah kepada pihak pengolah sampah dengan nilai berdasarkan tonase sampah yang diolah.

“Terkait dengan pembangunan FPSA/ITF Sunter, Fraksi Partai NasDem membutuhkan penjelasan dari Pemprov DKI Jakarta terkait dengan adanya tipping fee yang harus dibayarkan oleh Pemprov DKI Jakarta terhadap pengelolaan sampah di ITF Sunter,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi NasDem, Nova Harivan Paloh, Senin (14/11).

Nova membandingkan hal tersebut dengan pembangunan RDF Plant yang ada di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. Dirinya menyebut, TPST Bantargebang dengan anggaran 861 Miliar lebih yang dapat mengelola 2.000 ton sampah tanpa menggunakan skema tipping fee.

“Terlebih lagi pengelolaan sampah tidak dikelola oleh pihak swasta dan pemanfaatan sisa residu dari RDF Plant yang dihasilkan bisa dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan industri lain,” tambah dia.

Baca juga: NasDem DKI Jakarta Dorong Perda Disabilitas Segera Disahkan

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta itu pun mengusulkan agar skema pembangunan ITF dievaluasi kembali. Tak hanya itu, Nova juga meminta agar skema pembangunan ITF Sunter dilakukan secara multiyears oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“(Pembangunan ITF Sunter) dilakukan secara multiyears yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, tanpa keterkaitan dengan pihak swasta dengan masa kontrak yang mencapai 25 tahun yang selalu memiliki potensi memberatkan APBD DKI tiap tahunnya. Kemudian adanya PMD sebesar 577 Miliar lebih diberikan hanya sebatas kepada studi kelayakan tanpa adanya bentuk fisik dari pembangunan ITF Sunter,” pungkas Nova.

(FM/WH)

Add Comment