a

NasDem Komitmen Bawa UMKM Lebih Berkembang

NasDem Komitmen Bawa UMKM Lebih Berkembang

JAKARTA (9 November): Jajaran pengurus dan kader Partai NasDem di berbagai wilayah Indonesia terus bergerak mendukung pembangunan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Diantaranya dengan melakukan pendampingan dalam meningkatkan kualitas produk, packaging, branding hingga membantu perizinan dan pemasaran.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel saat memberikan sambutan di pembukaan NasDem UMKM Trade Show (NUTS) di JCC Jakarta Pusat, Rabu (9/11).

“Partai NasDem berkomitmen mendukung UMKM agar mampu berkembang dan tumbuh, karena memiliki peran penting bagi peningkatan ekonomi Indonesia,” kata Rachmat Gobel dalam sambutannya.

Baca juga: Ratusan Booth UMKM Meriahkan NasDem UMKM Trade Show (NUTS)

Partai NasDem kata dia juga terus mendorong agar eksistensi UMKM yang ada dapat naik kelas dan semakin maju mengembangkan cakupan pasarnya. NasDem lanjut dia terus berkomitmen untuk memajukan UMKM Dalam Negeri untuk bisa menembus pasar ekspor, agar dapat meningkatkan pemasukan bagi devisa negara.

“Sebagai kader partai NasDem, para anggota dewan di lembaga legislatif baik pusat maupun daerah telah memperjuangkan arah kebijakan dan program-program yang berpihak untuk pengembangan UMKM baik melalui dukungan anggaran, pengawasan serta legislasi,” kata legislator asal Gorontalo itu.

Dia menilai UMKM memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan Nasional untuk menghadapi ancaman krisis pangan di tengah kondisi geopolitik Internasional yang kurang stabil, dengan memproduksi bahan pangan yang menjadi keunggulan daerah masing-masing seperti jagung, sagu, dan liannya.

Selain itu kata dia NasDem ingin turut serta dalam mengembangkan budaya nasional melalui produk-produk UMKM, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan nilai-nilai budaya, yang dapat dikembangkan seperti produk kerajinan, produk batik, produk herbal, dan lain-lain.

“Dalam HUT Partai NasDem yang ke-11 ini, kami persembahkan NUTS (NasDem UMKM Trade Show), diikuti oleh kurang lebih 300 UMKM pilihan Partai NasDem dari berbagai wilayah di Indonesia, dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, pangan serta budaya Indonesia,” kata dia.

Dalam kegiatan NUTS kali ini NasDem juga mengundang perwakilan Negara-negara sahabat atau atase perdagangan untuk melihat produk-produk UMKM yang ikut dalam program NUTS dalam rangka HUT ke-11 NasDem.

“Diharapkan melalui kegiatan NUTS ini, UMKM dapat meraih potensi pemasaran baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad HI Ali, Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem IGK Manila, Ketua Majelis Tinggi Partai NasDem, Jan Darmadi, Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni.

Dalam kegiatan ini Partai NasDem juga mengundang kelompok Buyer International dan pengunjung secara umum, diharapkan dengan hadirnya beberapa kelompok buyer khususnya dari Internasional tersebut  dapat membantu pengembangan, pemasaran dan peningkatan kualitas UMKM di Indonesia. (WH)

Add Comment