a

Kemandirian Bangsa Harus Diperkuat untuk Hadapi Persaingan Global

Kemandirian Bangsa Harus Diperkuat untuk Hadapi Persaingan Global

JAKARTA (31 Oktober): Upaya membangun kemandirian bangsa harus diperkuat dengan dukungan kebijakan yang strategis agar mampu menghadapi persaingan global. Kebijakan yang dihasilkan para pemangku kepentingan harus konsisten berlandaskan nilai-nilai kebangsaan kita.

“Survei yang menunjukkan mayoritas masyarakat kita menolak intervensi asing dalam setiap kebijakan nasional itu sangat membanggakan. Itu artinya semangat kemandirian kita tinggi, sebagai modal untuk menghadapi persaingan global,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10).

Baca juga: Perlu Dorong Kreativitas Anak Bangsa untuk Ciptakan Kemandirian

Berdasarkan riset Pusat Kajian Hukum dan Pancasila Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 90% masyarakat Indonesia menolak adanya intervensi asing terhadap kebijakan-kebijakan nasional.

Survei itu dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap Pancasila, melalui jajak pendapat secara daring terhadap 1.000 responden.

Berdasarkan survei juga ditemukan 62% responden menganggap pemerintah masih berpegang pada Pancasila sebagai dasar pembuatan kebijakan, terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam.

Menurut Lestari yang biasa disapa Rerie, fakta tersebut harus terus ditingkatkan sebagai modal anak bangsa dalam menghadapi beragam bentuk persaingan di tingkat global.

Nilai-nilai nasionalisme, persatuan dan kemandirian, kata Legislator NasDem itu, harus benar-benar ditumbuhkembangkan di kalangan masyarakat luas untuk meningkatkan daya saing dan daya tahan bangsa ini.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, berharap nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat konsisten ditanamkan sejak dini lewat keluarga, komunitas masyarakat, maupun institusi pendidikan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membangun optimisme yang kuat dalam menghadapi potensi ancaman krisis global.

Menurut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu, momentum meningkatnya semangat kemandirian dan pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan warisan dari para pendiri bangsa, harus terus dilestarikan sebagai pedoman bangsa ini dalam menjawab setiap tantangan yang dihadapi.(*)

Add Comment