a

NasDem Harap TPST Cicukang Jadi Role Model Pengolahan Sampah

NasDem Harap TPST Cicukang Jadi Role Model Pengolahan Sampah

SOREANG (11 Oktober): Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw berharap Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Cicukang Oxbow di Kabupaten Bandung, Jawa Barat bisa menjadi role model bagi daerah lain dalam menyelesaikan permasalahan sampah.

“Kita berharap dengan pembangunan TPST ini nanti bisa jadi role model ke depan, agar bisa diduplikasi di kota-kota lain. Kalau bisa ada di tingkat kabupaten/kota lain,” ujar Roberth saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi V DPR meninjau progres pembangunan TPST Cicukang Oxbow di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (10/10).

Menurut Roberth, pembangunan TPST Cicukang Oxbow bukan hanya untuk menangani sampah di Kabupaten Bandung. Pengelolaan sampah juga memberikan manfaat lain untuk lingkungan.

“Misalnya hasil dari pengolahan ini bisa digunakan para petani dan peternak ikan maupun ayam,” imbuh Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu.

Roberth juga berharap, dengan kehadiran TPST tersebut bisa menjadi salah satu cara agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampah ke Sungai Citarum.

“Saya juga meminta kepada pemda setempat untuk memberikan tempat-tempat penampungan sampah di lingkungan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan. Dengan begitu, sampah yang akan diangkut ke TPST ini juga menjadi lebih mudah. Akan menyulitkan kalau diambil dari rumah ke rumah,” tegasnya.

Selain itu, Legislator NasDem dari Dapil Papua tersebut juga mengapresiasi Pemda Kabupaten Bandung yang telah menyatakan kesanggupannya untuk membangun jalan menuju ke lokasi TPST. Namun, karena wilayah itu menjadi wewenang Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, pihak Pemda Kabupaten Bandung harus terlebih dahulu berkoordinasi untuk perbaikan jalan tersebut.

“Saya kira kalau koordinasi antarlembaga pemerintah tidak akan jadi masalah. Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bandung yang cepat tanggap segera memperbaiki akses jalan ini,” kata Roberth.

(dpr.go id/*)

Add Comment