a

Sahroni Harap Johanis Tanak Lebih Garang Berantas Korupsi

Sahroni Harap Johanis Tanak Lebih Garang Berantas Korupsi

JAKARTA (29 September): Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni berharap pimpinan baru KPK, Johanis Tanak bisa lebih garang dalam memberantas korupsi.

Komisi III DPR RI pada Rabu (28/9) secara resmi memilih dan menetapkan Johanis Tanak sebagai Pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023. Johanis menggantikan Pimpinan KPK sebelumnya, Lili Pintauli Siregar.

“Pak Firli (Firli Bahuri, Ketua KPK) bisa kita lihat sangat gahar dalam berantas koruptor. Saya harap Pak Johanis jangan mau kalah,” kata Sahroni melalui keterangan tertulis, Kamis (29/9).

Legislator NasDem itu meminta Johanis mengimplementasikan berbagai gagasannya dalam memberantas korupsi. Sehingga, tugas KPK dalam menekan atau menghapuskan korupsi bisa terwujud.

Salah satu gagasan yang disampaikan Johanis pada uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR yaitu memasifkan langkah preventif. Sahroni pun menyambut baik gagasan tersebut.

“Langkah pencegahan memang harus dikedepankan dalam memberantas korupsi,” ungkap Sahroni.

Sahroni menyampaikan, mengedepankan pencegahan bukan berarti meniadakan penangkapan. Penindakan tetap penting dan wajib dilakukan meski memiliki sejumlah kekurangan.

“Tetapi biaya penyidikan sampai eksekusi sering juga menjadi beban baru bagi negara, yang kadang lebih besar dari nilai korupsinya,” pungkasnya.

(medcom/*)

Add Comment