a

NasDem Minta Pengadilan, Hakim Evaluasi Diri

NasDem Minta Pengadilan, Hakim Evaluasi Diri

JAKARTA (26 September): Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Eva Yuliana meminta lembaga pengadilan dan para hakim untuk mengevaluasi diri. Publik berharap para hakim bisa memberikan jawaban atas kebutuhan akan keadilan.

Eva mengemukakan itu menanggapi keputusan KPK yang menetapkan Hakim Mahkamah Agung (MA), Sudrajad Dimyati sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perkara di MA. Sudrajad diduga menerima suap agar mengondisikan putusan kasasi laporan pidana dan gugatan perdata terkait aktivitas dari koperasi simpan pinjam Intidana di Semarang, Jawa Tengah.

“Ini tentu menjadi catatan besar untuk kita semua dan kita perlu mengevaluasi, mengoreksi apa-apa sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang ada,” kata Eva, Jumat (23/9).

Menurut Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah V (Klaten, Sukoharjo, Boyolali, dan Kota Surakarta) itu, hakim menjadi sosok yang penting bagi penegakan hukum.

“Saya meminjam istilah yang sering digunakan, bahwa hakim adalah perpanjangan tangan Tuhan untuk menegakkan atau memberikan keadilan di bumi,” tandas Eva.

(dis/*)

Add Comment