a

Imigrasi Harus Berbenah agar Indonesia Ramah bagi Investor

Imigrasi Harus Berbenah agar Indonesia Ramah bagi Investor

JAKARTA (13 September): Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mendukung sikap tegas Presiden Joko Widodo yang ingin memperbaiki serta mereformasi layanan keimigrasian. Bahkan Jokowi secara tegas meminta perombakan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi jika tidak mampu memperbaiki layanan.

“Ini adalah bentuk dari komitmen tegas Presiden dalam membenahi Ditjen Imigrasi. Sudah saatnya imigrasi mengikuti perkembangan zaman,” kata Sahroni melalui keterangan tertulis, Selasa (13/9).

Legislator NasDem itu meminta agar Ditjen Imigrasi segera berbenah. Menurutnya, Indonesia tengah berupaya menjadi negara yang nyaman, aman, dan mudah diakses. Hal itu harus dilakukan agar Indonesia ramah bagi investor. Dalam hal ini Ditjen Imigrasi memiliki peran besar dalam mewujudkan komitmen tersebut.

“Karena kalau sistemnya rumit, maka hal itu akan menghambat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedang berusaha kembali bangkit ini,” tandas Sahroni.

Sahroni juga menyoroti sumber daya manusia yang ada di Ditjen Imigrasi. Sebab, posisi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi diisi pelaksana tugas (Plt) setelah Jhoni Ginting pensiun pada 2021. Sahroni pun meminta Kemenkumham mempercepat seleksi Dirjen Imigrasi sehingga Ditjen Imigrasi bisa bekerja dengan baik setelah memiliki pemimpin definitif.

“Agar struktur di imigrasi menjadi lebih jelas dan mampu menjawab tantangan-tantangan zaman yang sedang dihadapi oleh imigrasi,” ujar Legislator NasDem dari Dapil DKI Jakarta III (Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu) tersebut.

(medcom/*)

Add Comment