a

Jacki Uly Sampaikan Aspirasi Polres Sabu Raijua kepada Kapolri Soal Tukin

Jacki Uly Sampaikan Aspirasi Polres Sabu Raijua kepada Kapolri Soal Tukin

JAKARTA (30 Agustus): Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Jacki Uly mengapresiasi Polri atas pengadaan tunjangan kinerja (tukin) bagi anggotanya, terutama untuk yang bertugas di Polsek atau pos daerah terluar.

“Tukin ini judulnya benar pak, bahwa ini diberikan untuk anggota di pos atau mungkin Polsek terluar,” ujar Jacki dalam Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8).

Meski mengapresiasi pengadaan tukin, Jacki mengatakan bahwa ada permasalahan yang terjadi di daerah terkait pengalokasiannya.

“Di daerah Sabu Raijua (NTT), ada pulau yang Polres dan Polseknya di pulau yang sama. Ada pulau kecil, satu Polres dan lima Polsek di pulau yang sama. Yang jadi persoalan, itu tukin kalau tidak salah 100 persen gaji pokok jadi tambahannya. Nah anggota Polsek dapat tukin, yang celaka Polresnya tidak dapat tukin,” ujarnya.

Padahal menurut Jacki, jarak antara Polsek-Polsek tersebut dengan Polres Sabu Raijua sangat dekat. Baik anggota Polsek maupun Polres bahkan menggunakan pasar dan fasilitas umum lain yang sama.

“Jadi Kapolresnya bilang, pak ini saya kerepotan, seluruh anggota Polres minta pindah ke Polsek dan pos,” imbuh Legislator NasDem dari Dapil NTT II (Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka, Kupang, Rote Ndao, dan Kota Kupang) itu.

Jacki menegaskan, hal yang disampaikan tersebut merupakan aspirasi yang diserap saat kunjungan reses pada tanggal 28 Juli 2022 lalu ke Polres Sabu Raijua.

“Saya kunjungan, berkeliling Polres-Polres. Mau lihat saja apa yang perlu saya sampaikan. Karena NTT ini unik, 500-an pulau dan Polres-Polres yang di pulau-pulau itu banyak. Kalau NTT itu Polres terluarnya ada di dekat perbatasan dengan Timor Leste dan Australia,” kata Jacki.

Ia pun meminta Kapolri dan jajaran segera menindaklanjuti aspirasi tersebut.

“Jadi tidak terjadi komplain lagi yang disampaikan oleh Kapolres. Saya sudah sampaikan Kepada Pak Asrena (Asisten Perencanaan dan Anggaran), lampiran atau laporan mereka,” pungkasnya.

(rfb/dis/*).

Add Comment