a

NasDem Bahas Percepatan SDGs Asia 2030

NasDem Bahas Percepatan SDGs Asia 2030

KINABALU (25 Agustus): Partai NasDem membahas percepatan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Asia dalam forum Advancing the SDGs in Asia SocDem Asia Parliamentarians Caucus Conference 2022 di Kota Kinabalu, Malaysia, 22-24 Agustus 2022.

Delegasi NasDem diwakili Ketua Bidang Hubungan Internasional Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Martin Manurung, Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Garda Pemuda NasDem (GPND) Rian Umbara Firmansyah, dan Sekretaris Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem, Sondang Tampubolon serta Ketua NasDem Malaysia, Tengku Adnan.

SDGs merupakan Agenda 2030 yang merupakan kesepakatan pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan.

“Pada konferensi ini hadir anggota parlemen dari 10 negara dan merupakan pertemuan pertama setelah dua tahun Pandemi Covid-19,” kata Ketua Bidang Hubungan Internasional DPP NasDem, Martin Manurung dalam keterangannya, Kamis (25/8).

Martin yang juga menjadi Keynote Speech pada forum tersebut menjelaskan, NasDem menawarkan berbagai gagasan dalam rangka mengangkat kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang.

“Kami bertukar pikiran tentang kebijakan-kebijakan tiap negara untuk memerangi kemiskinan, pangan, kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, sanitasi dan air bersih, energi, pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja, industri dan infrastruktur, kesenjangan, lingkungan hidup, keadilan dan perdamaian,” kata dia.

Dalam forum tersebut Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Garda Pemuda NasDem (GPND) Rian Umbara Firmansyah juga menjabarkan capaian dan tantangan Indonesia dalam rangka semangat mengakselerasi tujuan SDGs dapat terwujud pada tahun 2030.

“Kami saling berbagi informasi seputar capaian Indonesia dalam mengimplementasikan SDGs dan tantangannya, termasuk peran partai politik dan parlemen di dalam mendorong akselerasi SDGs yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030,” pungkas dia.

Dalam tantangan dunia pasca Pandemi ini NasDem menyoroti beberapa hal diantaranya perang dan ketegangan antar negara, kemudian krisis pangan dan energi, kemiskinan dan pengangguran hingga stabilitas politik.

Kemudian direspon dalam forum tersebut diantaranya dukungan untuk sektor produktif dan perempuan, ketahanan pangan dengan menanam yang bisa tumbuh di dalam negeri, transformasi ke energi alternatif, menciptakan lapangan kerja hingga mendukung dialog dan kerja sama internasional.

Pada konferensi tersebut juga menyediakan platform untuk peluncuran SocDem Asia dan Kemitraan SDP dalam Membangun Kapasitas SocDem Asia dalam Memajukan SDGs.

Melalui kemitraan ini, partai-partai anggota SocDem Asia akan melibatkan anggota parlemennya dalam diskusi kebijakan dan pejabat terpilih lokalnya tentang implementasi SDGs di akar rumput dan akan berbagi pengetahuan serta pengalaman praktis dalam mewujudkan SDGs. (WH)

Add Comment