a

NasDem Sumut Targetkan 100 Persen Keabsahan Dokumen Pada Sipol

NasDem Sumut Targetkan 100 Persen Keabsahan Dokumen Pada Sipol

MEDAN (21 Agustus): Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Perbaikan Sipol dan Pelatihan Kesekretariatan di Auditorium Partai NasDem Sumut Jalan Prof HM. Yamin, Kecamatan Medan Timur, Sabtu (20/8). Acara dihadiri oleh perwakilan sekretariat DPD NasDem dari 33 kabupaten/kota.

Kegiatan yang dibuka Ketua Bappilu DPW Partai NasDem Sumut H. Salman Ginting, itu diisi dua pemateri. Masing-masing  yaitu Ketua Sekretariat DPW Partai NasDem Sumut, Hasan Simatupang dan Wakil Sekretaris Bidang Umum dan Administrasi DPW Partai NasDem Sumut, Anderson King Junior.

Anderson King Junior mengatakan, kegiatan Bimtek dan pelatihan ini dilakukan karena melihat hasil evaluasi Sipol di tahap pertama yaitu pendaftaran ke KPU. Tidak hanya lengkap, keabsahan berkasnya juga harus benar. Hal itu sesuai arahan dari Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, H. Surya Paloh.

“Target dari pusat bukan 99,9 persen tapi 100 persen. Oleh karena itu kami ingin memastikannya,” kata Anderson dalam keterangannya, Minggu (21/8).

Menurut Anderson, melalui perbaikan ini keabsahan dokumen benar-benar bisa mencapai 100 persen. Keabsahan dokumen yang dimaksud mulai dari SK kepengurusan provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan. Lalu data masing-masing pengurus yang sesuai dengan SK. Kemudian data 1 per 1000 sempel anggota yang wajib diberikan setiap partai sesuai dengan kabupaten/kota-nya.

“Jadi, keabsahannya harus benar-benar memenuhi syarat sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022. Dan sesuai dengan arahan DPP, kami harus memastikan keabsahannya 100 persen. Jadi bukan hanya lengkap saja,” ujarnya.

Anderson menjelaskan, pada dua periode sebelumnya Partai NasDem mampu mencapai 100 persen di dua kali verifikasi parpol. Meskipun saat itu verifikasinya secara faktual. Oleh sebab itu di periode tahun ini sangat-sangat wajib harus kembali 100 persen.

“Hal ini penting untuk memastikan Partai NasDem lolos di Pemilu 2024. Itu tujuan utamanya. Dan menjaga prestasi Partai NasDem bahwa keabsahan berkasnya 100 persen di setiap tahapan Pemilu,” ucapnya tegas.¬†

Melalui kegiatan ini, lanjut Anderson, DPW Partai NasDem ingin memberikan para kader motivasi dan mewanti-wanti bahwa tahapan Pemilu masih panjang. Dan pada Pileg maupun Pilpres bahkan kondisinya jauh lebih rumit.

Pasalnya, menurut dia dalam Sipol yang ditangani adalah berkas internal partai. Sedangkan Pileg yang ditangani itu sudah berkas eksternal. Jadi, berkas-berkas Bacaleg itu harus diperhatikan, diverifikasi oleh partai sebelum diserahkan ke KPU.

“Untuk itulah kita memberikan pelatihan agar memastikan kabupaten/kota memahami dan mempersiapkan diri. Baik mental maupun kerapian administrasinya. Sebagai partai rangking 4 nasional dan target menjadi pemenang di 2024, tentu saja ini perlu dimulai dari kerapian dan kedisiplinan administrasi,” pungkasnya.

Mewakili peserta, Sekretaris DPD Partai NasDem Sergai, Ali Amran mengucapkan terima kasih kepada DPW Partai NasDem Sumut karena telah menggelar kegiatan Bimtek tersebut. Sebab, kata dia kegiatan Bimtek dapat memberikan pendidikan kepada tim IT Sipol DPD Partai NasDem yang ada di 33 kabupaten/kota.

“Kegiatan seperti ini sangat baik supaya kesetaraan sistem informasi dan administrasinya berjalan dengan semestinya. Dan cara menyampaikan materinya juga cukup baik sehingga dapat diserap tim IT,” tandasnya.

(RO/WH)

Add Comment