a

Ratusan Petani Perempuan Sumsel Ikut Bimtek Fasilitas Pembiayaan Pertanian

Ratusan Petani Perempuan Sumsel Ikut Bimtek Fasilitas Pembiayaan Pertanian

PALEMBANG (3 Agustus): Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) terus mendorong para petani Indonesia agar semakin produktif. Tak hanya melakukan pendampingan terhadap cara menanam, Kementan RI juga terus mendampingi petani mendapatkan pembiayaan pertanian agar semakin produktif.

Kali ini dilakukan dalam Bimbingan Teknis Fasilitas Pembiayaan Pertanian di The Zuri Hotel Palembang yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Agustus 2022. Kegiatan tersebut dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

Herman Deru, yang juga Ketua DPW NasDem Sumsel itu berharap para peserta bimtek nantinya dapat menjadi garda terdepan untuk terus memberikan edukasi dan mejadi jembatan petani ke penyuluh dan bank. Dia juga mendorong terbentuknya para petani yang melek digital dan saling mengedukasi.

“Bimtek ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada petani di Sumatera Selatan dan juga menginformasikan support pembiayaan Kementan terhadap program KUR,” kata dia.

Herman Deru juga turut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurut dia sangat sayang sekali apabila ada kesempatan bunga rendah apabila tidak dimanfaatkan para petani.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus karena berisi informasi yang sangat berguna, terutama tentang kesempatan bantuan modal melalui program KUR dengan bunga rendah yang di dukung oleh Kementan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur dengan segudang prestasi itu juga menyempatkan diri untuk meninjau pameran hasil UMKM wanita Sumsel yang bersumber pada hasil panen petani Sumsel.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Kelembagaan dan Tata Hubungan Kerja, Joice Triatman. Menurut dia Bimtek berlangsung menarik karena seluruh peserta merupakan perempuan yang tergabung dalam organisasi Perempuan Tani di Sumatera Selatan.

“Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bukti dari dukungan serta arahan Kementerian Pertanian RI terhadap persoalan modal dalam penggiat UMKM dan Khususnya Petani dan juga support Pembiayaan Kementerian Pertanian RI terhadap program KUR,” kata Joice yang juga Sekjend Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem.

Dalam kegiatan ini diadakan juga Pameran hasil UMKM wanita sumsel yang bersumber pada Hasil Panen Petani Sumatera Selatan yang diikuti 17 kabupaten dan kota se Sumsel. (WH)

Add Comment