a

NasDem Dorong Eksplorasi Cadangan Minyak Baru

NasDem Dorong Eksplorasi Cadangan Minyak Baru

JAKARTA (29 Juli): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto meminta pelaksanaan eksplorasi untuk menemukan cadangan minyak baru dapat digenjot maksimal. Pasalnya, umur cadangan minyak nasional hanya tersisa 9,5 tahun lagi.

“Kurang lebih 9,5 tahun kalau tidak ditemukan cadangan baru sebesar Blok Cepu. Kalau tidak ditemukan cadangan baru, tinggal segitu,” ujar Sugeng dalam Forum Kapasitas Nasional II 2022 yang diselenggarakan SKK Migas, di Jakarta, Kamis (28/7).

Cadangan potensial (proven potential) minyak bumi Indonesia hanya tersisa 4,17 miliar barel. Sedangkan untuk gas, Indonesia memiliki cadangan 62,4 triliun kaki kubik. Dengan jumlah tersebut, cadangan gas Indonesia mampu bertahan hingga 18 tahun ke depan.

Legislator NasDem itu menjelaskan, Indonesia memiliki 128 cekungan. Dari 128 cekungan tersebut yang telah dieksplorasi dan eksploitasi baru 60 cekungan.

Persoalannya, tambah Sugeng, dari 68 cekungan yang belum dieksplorasi dan eksploitasi sebagian besar masuk ke laut dalam.

“Artinya, dengan kondisi tersebut maka kegiatan eskplorasi dan eksploitasi akan semakin mahal dan membuat proyek menjadi kurang ekonomis,” tandasnya.

Untuk itu, Sugeng mengusulkan perlu adanya insentif dan disinsentif, baik fiskal maupun nonfiskal.

“Semakin dalam dan ditemukan gas dan gas. Sehingga ke depan nampaknya tidak cocok disebut migas tapi gasmi. SKK Gasmi. Bukan SKK Migas,” pungkasnya.

(Dis/*)

Add Comment