a

Puluhan Kader Badan Rescue NasDem Jateng Ikut Pelatihan Tanggap Kebencanaan

Puluhan Kader Badan Rescue NasDem Jateng Ikut Pelatihan Tanggap Kebencanaan

SEMARANG (25 Juli): Sebanyak 35 kader Badan Rescue NasDem Jateng mengikuti Training of Trainers (ToT) yang dimulai pada Senin (25/7). Kegiatan berlangsung di Mess Basarnas dan di Camp Hutan Rimba.

Pelatihan tersebut dibuka dengan apel siaga di Kantor DPW NasDem Jawa Tengah bersama dengan Anggota Fraksi NasDem DPR RI Fadholi dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah.

“Tentunya DPW NasDem Jateng menyelenggarakan acara ini untuk ikut bisa berperan tanggap kebencanaan yang sering terjadi di Jawa tengah,” terang Fadholi.

Fadholi mengungkapkan bahwa pelatihan ini dikuti oleh para delegasi dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang nantinya para alumni pelatihan ini akan dijadikan tutor di masing-masing daerah.

Sementara itu, Ketua DPW Badan Rescue NasDem Jawa Tengah Dono Iswadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda yang dirancang oleh Ketua DPW NasDem Jawa Tengah Lestari Moerdijat, untuk memperkuat ketahanan SDM yang berbasis kebencanaan.

Dilatih oleh Basarnas Jateng, pelatihan ini digelar selama enam hari ke depan di berbagai medan seperti waduk hingga hutan yang berlokasi di Kota Semarang hingga Kabupaten Kendal.

“Karena ada beberapa materi yang sifatnya harus dengan praktik maka ada beberapa lokasi yang berbeda. Sementara itu untuk materinya ada water rescue, vertikal rescue, dan dapur umum,” tegasnya.

Para peserta pelatihan ini disiapkan khusus sebagai tenaga yang mumpuni dan bersertfikat dalam merespon berbagai kondisi kebencanaan.

Seperti yang diketahui, Badan Rescue NasDem jawa Tengah telah turut andil berperan di beberapa daerah. Diantaranya seperti di kota Semarang yang terkena rob, letusan gunung Semeru, longsor, dan kebakaran. Materi yang diberikan ada water rescue, vertikal rescue dan dapur umum.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Basarnas Jawa tengah, Heru Suhartanto berharap agar kegiatan ini menjadikan sinergi NasDem dan Basarnas makin kuat.

“Pengetahuan keterampilan akan kami berikan pada teman-teman dan jangan sungkan untuk sharing, kita evaluasi dan terjadi sinergi dengan Basarnas dengan partai NasDem untuk melaksanakan tugas kemanusiaan untuk menjadi garda terdepan,” demikian tegas dia.

(WH)

Add Comment