a

Roberth Rouw Inisiasi Pembangunan Kampung Swadaya Keerom

Roberth Rouw Inisiasi Pembangunan Kampung Swadaya Keerom

ARSO (16 Juli): Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw meletakkan batu pertama menandai pembangunan Kampung Swadaya di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Jumat (15/7).

Kampung Swadaya tersebut merupakan program aspirasi Roberth Rouw berkolaborasi dengan Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw.

Acara peletakan batu pertama pembangunan Kampung Swadaya ini juga dihadiri Ketua DPRD Papua, Jhony Banua Rouw, perwakilan Balai Perumahan Provinsi Papua, Wakil Bupati Keerom dan  tokoh adat, agama, serta masyarakat Kabupaten Keerom.

“Kampung Swadaya merupakan sebuah program yang terbentuk untuk meng-address kebutuhan masyarakat, khususnya di Papua akan tempat tinggal,” kata Roberth dalam keterangannya.

Roberth Rouw yang juga Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu mengatakan, program aspirasi ini telah disepakati bersama dengan Kementerian PUPR agar memberikan manfaat kepada masyarakat akan perumahan yang layak.

“Tadinya ini program bedah atau rehab rumah, tapi saya lihat kenapa kita hanya rehab rumah saja. Kenapa kita tidak merancang satu kawasan atau membuat alokasi kampung-kampung baru. Karena di Papua itu kampungnya tersebar dan masyarakat tinggal terpencar jauh, maka jika dibantu agak susah menyiapkan listrik, air dan lainnya,” kata Roberth.

Untuk itu, Roberth menyampaikan rencana itu kepada Kementerian PUPR dan menuai hasil positif. Ia pun menginisiasi untuk berkolaborasi dengan Fraksi NasDem DPR Papua.

“Kalau saya buat contoh, pasti anggarannya kurang. Maka saya cari akal bagaimana mengajak teman-teman di Partai NasDem Provinsi Papua ini, sehingga sama-sama meski tidak fifty-fifty,” ujarnya.

Ia menambahkan, Papua pernah mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan nilai sama seluruh Indonesia yakni Rp 20 juta per unit rumah. Padahal, Papua berbeda dengan daerah lain, terutama indeks kemahalan Papua yang berbeda. Seperti misalnya di Pegunungan Papua mencapai 370 persen indeks kemahalannya dibanding daerah lain.

“Kami akan coba buat kerja sama dengan masyarakat dalam program ini. Kerja swadaya sama-sama agar masyarakat di Papua semua dapat rumah semua. Mari kita bangun kampung dan bangun masyarakat kita,” ujar Roberth.

Legislator dari Dapil Papua ini mengajak masyarakat agar mendukung program Kampung Swadaya. Program ini sangat bermanfaat agar masyarakat Keerom bisa memiliki rumah yang layak huni dan mendekatkan masyarakat ke fasilitas pelayanan publik.

“Kami dari Partai NasDem  menyampaikan bahwa partai politik fungsinya bukan untuk hadir di tengah masyarakat ketika akan pemilu. Tapi partai ini hadir untuk menyejahterakan masyarakat. Inilah Partai NasDem, selalu kita tahu tanggung jawab kita karena masyarakat sudah memberikan hak politiknya kepada Partai NasDem dan kami harus kembalikan ke masyarakat apa yang harus kami lakukan,” tukasnya.

(yos/dis/*)

Add Comment