a

NasDem Minta Percepat Pengembangan Perhubungan Maluku Utara

NasDem Minta Percepat Pengembangan Perhubungan Maluku Utara

TERNATE (11 Juli): Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Fadholi mendorong percepatan pengembangan infrastruktur perhubungan di Provinsi Maluku Utara, terutama layanan penerbangan dan penyeberangan. Pengembangan dua layanan tersebut akan mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang.

“Cobalah dirintis misalnya bagaimana dari Semarang (Jawa Tengah) bisa ke Maluku Utara ini tanpa harus ke Jakarta dulu. Kemudian tol laut juga, bagaimana agar bisa dari Semarang tanpa harus ke Makassar dulu. Jadi ini membuka layanan antarprovinsi,” kata Fadholi dalam kunjungan kerja reses Komisi V DPR RI ke Ternate, Maluku Utara, Jumat (8/7).

Fadholi berharap PT Pelni tidak hanya menyediakan layanan antarpulau di Maluku, apalagi hanya dengan kapasitas empat kapal. Menurutnya, dengan keterbatasan tersebut Pelni tidak akan berkembang.

“Maka saya mendorong agar Pelni juga menyediakan layanan antarprovinsi dan juga harus terlibat dalam angkutan barang,” imbuh Fadholi.

Legislator NasDem itu juga menyampaikan apresiasi kepada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maluku Utara atas program-program yang telah dijalankan mengenai perkiraan cuaca dan edukasi kebencanaan yang telah dijalankan.

Menurut dia, hal itu sangat penting untuk wilayah Maluku Utara yang berdasarkan paparan BMKG merupakan wilayah yang rawan bencana alam. Fadholi meminta BMKG untuk terus berdampingan dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) karena akan berkesinambungan dalam urusan evakuasi ketika terjadi bencana.

“Saya juga usulkan adanya helikopter untuk Basarnas. Dari paparan saya tidak melihat adanya helikopter. Ini sangat penting untuk mobilitas evakuasi karena di sini terdiri dari banyak pulau,” usulnya.

Terakhir Fadholi juga mengapresiasi seluruh mitra kerja atas paparan mengenai progres penyerapan anggaran untuk percepatan pembangunan di Maluku Utara yang rata-rata telah di atas 50%.

“Penyerapan anggaran itu tolong bisa dimaksimalkan karena akan menjadi barometer ketika kemudian tahun 2023 mengajukan alokasi lagi,” pungkas Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah I (Kabupaten Semarang, Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang) tersebut.

(dpr.go.id/*)

 

 

Add Comment