a

Jupiter Harap Program CIP DKI Jakarta Sasar Wilayah Jatipulo

Jupiter Harap Program CIP DKI Jakarta Sasar Wilayah Jatipulo

JAKARTA (7 Juli): Anggota Fraksi NasDem, DPRD DKI Jakarta, Ahmad Lukman Jupiter mendorong Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI Jakarta memasukkan wilayah-wilayah padat penduduk ke dalam program Collaborative Implementation Program (CIP). Dia menilai masih banyak pemukiman kumuh dan padat penduduk yang belum tersentuh program tersebut.

Collaborative Implementation Program (CIP) merupakan program turunan dari Community Action Plan (CAP) sebagai bentuk kolaborasi antara warga dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Program CAP-CIP diselenggarakan dengan tujuan agar warga dilibatkan dalam proses perencanaan pembangunan perumahan dan permukiman yang sesuai dengan kebutuhan. Pada proses tersebut, warga menjadi pelaku aktif kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi, dan fisik lingkungan.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu kemudian mencontohkan di wilayah Jakarta Barat, tepatnya di RT. 004 RW. 010, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, dia mendapatkan adanya laporan warga bahwa di lingkungannya belum terdaftar ke dalam program CIP.

“Di Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, masih banyak wilayah kumuh dan padat penduduk yang penataannya semrawut. Jadi tidak hanya perlu tetapi harus dimasukkan program CIP itu sehingga ditata agar lebih lebih lagi,” ujar Jupiter saat reses di wilayah Jatipulo, Palmerah, Jakbar, Rabu (6/7).

CIP merupakan program Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta bertujuan meningkatkan kualitas permukiman berbasis masyarakat melalui penanganan pertama multi pihak. Program ini untuk mengatasi kekumuhan dengan menata kembali lingkungan di DKI Jakarta.

“Namun tadi disampaikan oleh pihak kecamatan bahwa usulan dari tingkat kelurahan untuk dikirim ke kecamatan kemudian ke wali kota sebelum sampai ke Dinas Perumahan Rakyat DKI Jakarta,” kata Jupiter.

Dirinya memastikan akan terus mengawal aspirasi tersebut untuk disampaikan kepada Pemprov DKI Jakarta. Sebab, program ini sangat penting dalam upaya menciptakan pemukiman agar lebih tertata rapi.

Selain itu, legislator NasDem ini juga meninjau kondisi kantor sekretariat RW yang kondisinya rusak. Terkait hal tersebut, dirinya akan segera berkoordinasi dengan pihak BUMD agar proses renovasi segera dilakukan.

“Selain akan memberikan bantuan pribadi, kami juga akan berkoordinasi dengan para BUMD supaya bisa turut membantu dengan dana CSR, mudah-mudahan perbaikan kantor sekretariat RW bisa segera terealisasikan,” imbuhnya.

Turut hadir mendampingi Jupiter, SKPD dari Pemprov DKI untuk membantu mensosialisasikan program-program yang dimiliki sehingga masyarakat bisa mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta seperti JakPreneur, KJP, Kartu Lansia, Prakerja dan lain sebagainya. (FM/WH)

Add Comment