a

NasDem Ingatkan Butuh Kajian Mendalam Terkait Legalisasi Ganja Medis

NasDem Ingatkan Butuh Kajian Mendalam Terkait Legalisasi Ganja Medis

JAKARTA (4 Juli): Gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis belakangan kembali mencuat ke publik. Ada yang pro dan kontra atas gagasan tersebut. Saat ini dibutuhkan kajian yang mendalam sebagai dasar keputusan negara atas ide legalisasi ganja untuk kepentingan medis di Indonesia.

Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan dibutuhkan kajian yang mendalam atas gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis. Menurutnya, legalisasi ganja tidak sekadar urusan medis semata.

“Kami mendorong agar gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis ini agar dikaji dari berbagai sudut pandang. Ada aspek agama, hukum, termasuk budaya Indonesia. Jadi harus komprehensif,” kata Okky di Jakarta, Senin (4/7).

Dirinya pun menyambut positif respons sejumlah pihak seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), termasuk DPR dalam merespons gagasan legalisasi ganja untuk kepentingan medis. Okky mengharapkan DPR dan pemerintah agar bergerak cepat untuk merespons aspirasi yang muncul di tengah publik.

“Fakta bahwa ganja dapat dijadikan untuk kepentingan medis harus diakomodasi melalui pembahasan dan kajian yang mendalam,” sebut Okky.

Di sisi yang lain, kata Okky, mayoritas publik juga memiliki sudut pandang terhadap ganja yang merupakan jenis narkotika yang membahayakan bagi tubuh manusia.  Okky berharap terdapat kajian yang multi-perspektif untuk memberi pandangan atas wacana legalisasi ganja untuk kepentingan medis.

“Jika skenario ganja dilegalkan untuk kepentingan medis, harus dikelola dengan ketat penggunaannya agar tidak disalahgunakan untuk kepentingan di luar medis,”  ucap Okky mengingatkan.

Anggota Komisi Kesehatan DPR RI dua periode itu menegaskan, hukum harus dapat merespons kebutuhan masyarakat di lapangan. Namun di sisi yang lain, Okky juga mengingatkan tentang bahaya penyalahgunaan ganja bagi kesehatan penggunanya.

“Makanya harus dikaji secara komprehensif dengan melibatkan para ahli di bidangnya. NasDem mendorong kajian ini secara serius dan mendalam,” tutupnya.

(RO/WH)

 

Add Comment