a

NasDem Wanti-Wanti Beli Pertalite, Solar Harus Lewat MyPertamina

NasDem Wanti-Wanti Beli Pertalite, Solar Harus Lewat MyPertamina

JAKARTA (29 Juni): Mulai 1 Juli 2022, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga akan melakukan uji coba penggunaan website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina untuk membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Masyarakat yang hendak membeli BBM bersubsidi harus terdaftar pada aplikasi tersebut.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rudi Hartono Bangun mengapresiasi terobosan tersebut agar penyaluran BBM subsidi tepat sasaran.  Namun ia mengingatkan jangan sampai kebijakan ini menyulitkan masyarakat, karena harus menggunakan telepon pintar (smartphone).

“Kebijakan harus mendaftar untuk membeli BBM bersubsidi tersebut agar BBM bersubsidi tepat sasaran. Pertamina melakukan terobosan bagus. Tapi kebijakan itu perlu disosialisasikan lebih luas ke masyarakat. Harus dipikirkan juga masyarakat yang belum mempunyai HP atau bahkan daerahnya belum tersentuh internet,” kata Rudi dalam keterangannya, Selasa (28/6).

Legislator NasDem itu mengatakan, kebijakan menyangkut kehidupan masyarakat luas, juga harus menyesuaikan dengan kondisi masyarakat. Karena, tidak semua lapisan masyarakat akan mudah mengakses MyPertamina.

“Bayangkan masyarakat yang HP-nya belum android yang bisa mengunduh aplikasi. Belum lagi kalau internetnya kurang lancar. Jadi selain mempertimbangkan soal penyaluran BBM bersubsidi, juga harus dipikirkan perlakuan kepada masyarakat yang HP-nya belum bisa mengunduh aplikasi MyPertamina,” kata Rudi.

Legislator NasDem dari Dapil Sumatra Utara III (Langkat, Karo, Simalungun, Asahan, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Kota Pematangsiantar, Kota Tanjungbalai, dan Kota Binjai) itu menegaskan, akan memantau implementasi kebijakan tersebut di daerah pemilihannya. Termasuk akan menanyakan hal ini dalam rapat antara Komisi VI DPR dan Direksi Pertamina.

“Intinya, jangan sampai membuat kebijakan yang menyulitkan rakyat kecil dan di daerah,” tandas Rudi.

(dpr.go.id/*)

Add Comment