a

Kaum Muda Harus Manfaat Teknologi untuk Perkokoh Nilai Kebangsaan

Kaum Muda Harus Manfaat Teknologi untuk Perkokoh Nilai Kebangsaan

JAKARTA (26 Juni): Generasi muda diharap memanfaatkan teknologi untuk memperkokoh nilai-nilai kebangsaan. Pemahaman terhadap nilai kebangsaan harus menjadi modal dasar anak bangsa untuk beradaptasi dan berinovasi dalam rangka menjawab tantangan di masa depan.

“Teknologi yang pintar mesti dihadapi oleh manusia yang pintar. Manusia harus menjadi tuan atas teknologi,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan pada Pelatihan Kader III (Advance Training) oleh Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (Badko HMI) Jawa Tengah-DI Yogyakarta, Minggu (26/6), di Balai Latihan Kerja Semarang 2, Semarang, Jawa Tengah.

Pada sosialisasi bertema Menguatkan Nilai Nasionalisme Demi Terciptanya Kader Yang Mampu Mentransformasikan Pemikiran Menuju Indonesia Emas itu, juga dihadiri Haerudin (Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah), Masyrifan Djamil (Presidium KAHMI Jawa Tengah), Nur Kholis (Ketua Umum Badko HMI Jawa Tengah dan DiY), dan seluruh peserta pelatihan Badko HMI Jateng-DIY.

Menurut Lestari yang akrab disapa Rerie itu, diperlukan kesadaran akan identitas yang melekat dan kemampuan untuk berpikir kritis sekaligus futuristik, mengantisipasi serta berjalan menyambut masa depan. Apalagi, perjalanan sejarah manusia selalu mengalami perjumpaan dengan krisis.

Setiap situasi krisis dengan sejumlah penyebab, tambah Legislator NasDem itu, selalu mengakibatkan gejolak, ketidakpastian, kompleksitas masalah dan ambigu pada setiap solusinya.

Kondisi saat ini seperti pandemi Covid-19 dan konflik antarnegara di dunia, ujar anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, menghadirkan situasi krisis di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

“Kita dituntut beradaptasi dalam setiap krisis untuk mengubah pola perilaku. Dan, situasi tidak pernah kembali seperti sediakala. Selalu ada nilai-nilai baru yang menjadi pegangan. Misalnya, protokol kesehatan dan kenormalan baru,” ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu.

Menurut Rerie, generasi muda perlu merefleksikan kembali warisan nilai yang terdapat dalam Empat Konsensus Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan BhinnekaTunggal Ika.

Karena, tegas Rerie, konsensus kebangsaan mesti menjadi fondasi dalam setiap proses pembelajaran, penciptaan pengetahuan, mengasah kemampuan adaptif dan kapasitas dinamis yang mengantar anak bangsa pada kemampuan inovasi.

Menurut Rerie, daya adaptasi dan inovasi yang mumpuni dari setiap anak bangsa yang didasari nilai-nilai kebangsaan sangat dibutuhkan untuk menjawab berbagai tantangan bangsa di masa datang.(*)

Add Comment