a

Komisi VII DPR Desak Kementerian ESDM Perbaiki Ekosistem Timah

Komisi VII DPR Desak Kementerian ESDM Perbaiki Ekosistem Timah

JAKARTA (22 Juni): Komisi VII DPR RI mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperbaiki ekosistem pertimahan. Ketua Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto mengatakan, perbaikan yang dimaksud adalah membangun tata kelola dan tata niaga timah secara holistik.

“Komisi VII DPR RI mendorong Dirjen Minerba, Kementerian ESDM dan Dirut PT Timah untuk membangun ekosistem pertimahan nasional dengan melakukan perbaikan tata kelola dan tata niaga secara holistik dari hulu hingga hilir,” kata Sugeng saat membacakan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR dengan Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin dan Dirut PT Timah, Achmad Ardianto, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (21/6).

Komisi VII DPR, tambah Sugeng, juga mendesak Dirut PT Timah untuk melakukan konsolidasi internal dalam menata kegiatan pertambangan ilegal yang berada di wilayah izin usaha pertambangan (IUP) timah.

“Pengawasan dan penegakan hukum jadi keniscayaan untuk dilakukan bersama aparat penegak hukum,” tandas Legislator NasDem itu.

Selain itu, Dirjen Minerba Kementerian ESDM, diminta agar mengkaji kembali penghentian ekspor logam timah yang selama ini diberlakukan.

“Investasi untuk hilirisasi logam timah di dalam negeri perlu ditingkatkan dengan menyusun regulasi yang mendukung hilirisasi dalam bentuk industrialisasi,” pungkas Sugeng.

(dpr.go.id/*)

Add Comment