a

Bangga pada Kearifan Lokal akan Tingkatkan Nasionalisme

Bangga pada Kearifan Lokal akan Tingkatkan Nasionalisme

JAKARTA (15 Juni): Membangun kebanggaan terhadap kearifan lokal merupakan salah satu langkah penting untuk melestarikan budaya nasional yang mampu membangkitkan nasionalisme di era globalisasi yang masif menawarkan ragam budaya luar.

“Penting dilakukan sejumlah upaya untuk terus membangun rasa bangga anak bangsa terhadap budaya nasional lewat peningkatan literasi dan nilai-nilai kearifan lokal yang kita miliki,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/6), dalam rangka Hari Purbakala Nasional yang diperingati setiap 14 Juni.

Menurut Lestari yang akrab disapa Rerie, kepedulian anak bangsa terhadap kebudayaan terutama budaya lokal, bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebanggaan terhadap Tanah Air dan nilai-nilai budaya.

Legislator NasDem itu berharap masyarakat dan para pemangku kepentingan bersama-sama mengupayakan terbangunnya semangat anak bangsa untuk melestarikan budaya nasional.

Apalagi berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa (27,94%). Sementara jumlah generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa (25,87%) dari populasi penduduk.

Selain itu, berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2019-2020, penetrasi pengguna internet di Indonesia didominasi kelompok usia 15-19 tahun (91%), disusul kelompok usia 20-24 tahun (88,5%) dengan rata-rata pengguna mengakses internet untuk membuka sosial media (51,5%) dan berkomunikasi (32,9%).

Dengan kondisi tersebut, jelas Rerie, potensi paparan nilai-nilai budaya luar terhadap generasi penerus bangsa cukup tinggi dan masif.

Sehingga, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, upaya untuk terus membangun kebanggaan terhadap budaya lokal, merupakan salah satu langkah strategis untuk mengimbangi derasnya paparan budaya luar terhadap generasi muda di era globalisasi ini.

Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Jawa Tengah II (Demak, Kudus, Jepara) itu berharap masyarakat dan para pemangku kepentingan secara konsisten mengupayakan berbagai langkah untuk terus membangun sektor kebudayaan nasional, yang diharapkan mampu meningkatkan nasionalisme setiap anak bangsa.(*)

Add Comment