a

NasDem Makin Serius Garap Ekosistem Pertanian

NasDem Makin Serius Garap Ekosistem Pertanian

SUKABUMI (12 Juni): Partai NasDem melalui Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa makin serius menggarap ekosistem pertanian di tanah air. Salah satu program yang terus digalakkan adalah Program Satu Juta Hektar Budidaya Kedelai di Indonesia.

Ikhtiar tersebut semakin terlihat dalam pelaksanaan Peresmian Gudang Kedelai dan Panen Kedelai di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (12/6). Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPP NasDem Bidang Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa, H. Sulaeman L. Hamzah, Gubernur ABN IGK Manila dan Ketua Dewan Pakar NasDem Kabupaten Sukabumi yang juga salah satu tokoh penggerak ekonomi kerakyatan sekaligus inisiator acara, H. Ayep Zaki.

“Itu sebabnya konsentrasi kami untuk mengisi kekosongan dan mengurangi impor kedelai sebisa mungkin dan memenuhi kebutuhan dalam negeri bisa kami penuhi. DPP Partai NasDem ingin mengambil peran memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Sulaeman L. Hamzah, di Sukabumi, Minggu (12/6).

Ketua Kelompok Fraksi NasDem di Komisi IV DPR RI itu menekankan, NasDem  terus bekerja dan fokus mengambil bagian untuk mengisi kebutuhan pangan nasional terutama pada komoditi padi, jagung dan kedelai (Pajale) yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

“Kegiatan hari ini adalah meresmikan gudang kedelai dan panen perdana. Ada hamparan kedelai yang memang menjadi binaan NasDem selama ini sehingga kami sempatkan waktu bersama-sama menghadiri panen,” tambah Sulaeman.

Menurutnya, semangat untuk membudidayakan kedelai ini tidak muncul begitu saja, tetapi memang karena pemerintah sudah merencanakan sejak dulu untuk mewujudkan swasembada pangan. Dia pun optimis dengan program pembangunan ekosistem pertanian yang dilakukan NasDem diawali dari Sukabumi dan Papua serta sejumlah daerah lain di Indonesia demi terwujudnya swasembada pangan.

“Lima tahun ke depan dari sekarang kita ingin sudah swasembada kedelai dan itu bukan tidak mungkin. Di Papua saya siapkan 300.000 ha untuk kedelai dan tahap pertama insyallah akan kami kunjungi dua tempat di Keerom dan di Merauke kami akan survei lahan,” kata dia.

Dirinya menegaskan bahwa NasDem menargetkan dapat menjamah seluruh wilayah berkeliling bersama sama dari satu daerah ke daerah lain sebagai program unggulan di sektor pertanian ke depan.

“NasDem punya kerja-kerja politik itu tidak pernah janji, tapi begitu disampaikan, begitu juga dikerjakan antara kata dan perbuatan tidak meleset. Dalam suka dan duka NasDem selalu hadir, ini juga saya lakukan di Papua,” kata legislator NasDem dari dapil Papua itu.

Ketua Dewan Pakar NasDem Kabupaten Sukabumi, H. Ayep Zaki mengatakan, NasDem terus berkomitmen melakukan budidaya pertanian ke seluruh wilayah Indonesia. Salah satu terobosan ialah sistem tanam (TOT) tanpa olah tanah.

“Respon seluruh masyarakat sangat baik sekali karena memang kita langsung terjun membina. Kita siapkan bibit pupuk kemudian tata cara mengelola budidayanya,” kata Ayep Zaki.

(WH)

Add Comment