a

Peduli Lingkungan, NasDem Kampanyekan 3R ke Warga DKI

Peduli Lingkungan, NasDem Kampanyekan 3R ke Warga DKI

JAKARTA (10 Juni): Mengelola sampah dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja bahkan tanpa membutuhkan biaya. Ikut menjaga bumi dengan mengelola sampah hanya membutuhkan kepedulian warga.

Masih dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DPP NasDem Bidang Lingkungan Hidup mengampanyekan pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle) melalui talkshow bertajuk “Menerapkan Hidup Berkelanjutan dalam Keseharian, di kantor DPW NasDem DKI Jakarta, Jumat (10/6).

“Yang dibutuhkan hanya sedikit waktu dan kepedulian kita. Itu adalah tiga cara yang bisa dilakukan oleh kita untuk mengurangi jumlah sampah dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP NasDem, Lusyani Suwandi saat menjadi pembicara utama di acara tersebut.

Lusy juga mensosialisasikan cara memilah sampah yang baik dengan memisahkan sesuai dengan kriterianya melalui alat peraga yang unik dan menarik keluaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Lusy melanjutkan, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada tahun 2020. Gerakan 3R menurut dia dapat diaktualisasikan untuk menjaga bumi bersama-sama.

“Reuse itu artinya memakai kembali apa yang bisa dipakai kembali. Kita bisa pilih wadah atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Seperti ibu saya dulu selalu membawa keranjang saat berbelanja ke pasar,” terang Lusy.

Masih kata Lusy, Reduse adalah mengurangi sampah dengan memilih produk dengan kemasan yang bisa didaur ulang atau menghindari produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar. Sementara untuk Recylce dapat dengan memilih produk yang bisa didaur ulang dan mudah terurai tanah.

“Bagaimana kita semua mengurangi sampah yang kita hasilkan sehari-hari agar bumi tidak terlalu berat karena kita juga punya tanggungjawab kepada generasi berikutnya agar tidak lebih berat dari kita,” tambah Lusy.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP NasDem, Millie Lukito menambahkan bahaya dari membuang sampah sembarangan sangat besar dan berpotensi tinggi melahirkan penyakit pada makhluk hidup hingga memantik bencana.

“Memang betul kita harus memperhatikan sekali yang namanya sampah terutama sampah plastik yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit,” kata dia.

Kemudian Ketua DPW NasDem DKI Jakarta, Nurcahyo Anggorojati menambahkan menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu bagian yang diajarkan di setiap agama. Menjaga kebersihan lanjut dia dapat dimulai dari hal yang mudah namun harus dilakukan secara konsisten.

“Jagalah lingkungan ini sebagaimana kita menjalani ajaran agama dengan baik kalau kita tidak suci tidak bersih itu artinya iman kita hilang setengah jadi apapun yang kita lakukan setengahnya lagi itu ada dalam kesucian,” demikian kata dia.

(WH)

Add Comment