a

NasDem Apresiasi Perolehan Laba BUMN Tahun 2021

NasDem Apresiasi Perolehan Laba BUMN Tahun 2021

JAKARTA (9 Juni): Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Rudi Hartono Bangun mengapresiasi perolehan laba BUMN tahun 2021, karena jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mencatat total pendapatan BUMN pada 2021 mencapai Rp1.983 triliun dengan perolehan laba Rp126 triliun. Erick menyebut, pendapatan BUMN ini setara dengan 99% dari APBN. Sedangkan laba BUMN tahun 2020 tercatat Rp13 triliun.

“Kita apresiasi, tentu kinerjanya baik hingga bisa memperoleh laba Rp126 triliun. Dibandingkan dengan periode lalu, ini jauh lebih baik,” kata Rudi dalam keterangannya, Rabu (8/6).

Legislator NasDem itu meminta Kementerian BUMN terus meningkatkan kinerja untuk meningkatkan ekonomi nasional, karena pandemi Covid-19 sudah berakhir. Artinya, ekspektasi publik akan lebih tinggi ke depan.

Ia mengatakan, salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan atau laba BUMN adalah memberikan target kepada para direksi. Dengan cara tersebut para direksi akan berpacu untuk berkompetisi, dan ide-ide bisnis baru akan bermunculan.

“Yang dapat target diberi reward, yang tidak diberi punishment. Jadi mereka bakal berpacu untuk berkompetisi. Kalau tidak sanggup ya diganti. Dirut-dirut juga harus berinovasi, kreatif dan mencari bisnis baru,” imbuhnya.

Legislator NasDem dari Dapil  Sumatera Utara III (Langkat, Karo, Simalungun, Asahan, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Kota Pematangsiantar, Kota Tanjungbalai, dan Kota Binjai) itu mencontohkan, strategi bisnis yang dilakukan Pertamina dengan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Untuk itu, para dirut harus berinovasi dalam mengembangkan bisnis perusahaan yang bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pasar ke depan.

“Dirut yang tahu sesuai kondisi zaman dan permintaan pasar. Pertamina contohnya, harus mencari EBT karena minyak bumi pasti akan habis. PLN juga batu bara akan habis. Jadi dirut harus inovasi cari solusi,” tegasnya.

(medcom/*)

Add Comment