a

Program Kementerian ESDM Harus Sentuh Kebutuhan Masyarakat

Program Kementerian ESDM Harus Sentuh Kebutuhan Masyarakat

JAKARTA (7 Juni): Komisi VII DPR RI mendesak Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menyusun program kerja yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menekankan, anggaran Tahun 2022 harus dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, seperti penyediaan akses air bersih di sejumlah wilayah yang kesulitan air.

“Banyak wilayah di Indonesia Timur yang kesulitan mengakses air bersih, karena sebagian datarannya adalah karang. Butuh pengeboran air yang sangat dalam ke bawah muka tanah. Untuk itu, anggaran di ESDM bisa dioptimalkan untuk membantu masyarakat mendapatkan air bersih sebagai sumber kehidupan,” kata Sugeng saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI dengan Dirjen Minerba, Ridwan Djamaluddin, Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono, Kepala Balitbang ESDM, Dadan Kusdiana dan Sekjen DEN (Dewan Energi Nasional), Djoko Siswanto, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/6).

Selain itu, Badan Geologi juga didesak untuk memprioritaskan kegiatan mitigasi bencana dari semua aspek di seluruh wilayah Indonesia dalam realisasi anggaran TA 2022 dan RAPBN 2023.

“Mitigasi bencana juga merupakan bagian dari program yang dibutuhkan masyarakat. Komisi VII DPR¬† meminta Badan Geologi memperhatikan isu penting ini, serta mencarikan solusi ataupun pengganti program bermanfaat lainnya seperti identifikasi air bersih dan kolaborasi pemanfaatannya dengan teknologi tepat guna,” kata Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah VIII (Banyumas, Cilacap) itu.

(dpr.go.id/*)

Add Comment