a

NasDem: Indonesia Butuh Pemimpin yang Komit pada Pangan dan Energi

NasDem: Indonesia Butuh Pemimpin yang Komit pada Pangan dan Energi

JAKARTA (2 Juni): Ketua Koordinasi Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai NasDem, Suyoto mengatakan, perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi di berbagai negara sudah sangat mengkhawatirkan. Karena itu, perlu tekad yang kuat dari semua pihak untuk mengantisipasi dampak buruknya terhadap pangan dan energi dunia.

“Kita ingin meminta kepada semuanya agar fokus, perhatian dan menjadikan perubahan iklim ini menjadi prioritas bangsa,” ungkap Suyoto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/6).

Saat ini, diakui Suyoto, pemerintah sudah mempunyai komitmen yang kuat untuk menekan laju perubahan iklim dan pemanasan global dengan mengampanyekan kebijakan nol emisi.

“Energi dan pangan harus dijaga dan diwujudkan, tapi sekaligus sebagaimana perwujudan energi dan pangan ini tidak merusak lingkungan, justru perbaikan dengan zero emission (nol emisi karbon),” ujarnya.

Namun, keinginan yang kuat sulit terwujud jika hanya pemerintah yang mempunyai komitmen. Karenanya, mantan bupati Bojonegoro dua periode ini mengajak semua pihak termasuk partai politik agar bersama-sama mewujudkan nol emisi tersebut.

“Apapun partainya harus mementingkan kepentingan bangsa di atas kepentingan partai sendiri,” harap Suyoto.

Jika partai politik, pemerintah dan masyarakat sudah sepakat dan jalan bersama, maka harus konsisten. Jangan ada yang main dan dipermainkan karena ancamannya akan dirasakan bersama-sama.

“Jadi, tiga hal yang menjadi tabu buat bangsa bermain atau memainkan. Tiga hal itu adalah energi, pangan dan pendidikan. Ini konsensus kebangsaan bersama yang sama pentingnya dengan dasar negara. Kalau ada yang mempermainkan ini semua, apapun partai politiknya harus dipandang sebagai pelanggaran terhadap undang-undang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Suyoto mengingatkan perlunya mencari pemimpin yang kuat komitmennya dalam energi. Karena pemimpin yang peduli terhadap pangan dan energi bisa menyelamatkan bangsa.

“Ingat, perubahan iklim sudah sangat parah, butuh komitmen kita semua untuk menjaga dunia ini,” tandas Suyoto.

Komitmen yang kuat soal pangan, energi dan pendidikan ini juga penting dipahami oleh para calon pemimpin Indonesia kedepan. Untuk itulah, DPP Partai NasDem menggelar fokus grup discussion (FGD) dalam rangka Rakernas Partai NasDem dengan tema: Energi, Lingkungan Hidup dan Geopolitik Dunia. FGD akan diselenggarakan pada Jumat, 3 Juni 2022 di Ballroom Nasdem Tower.

FGD ini sekaligus akan menjadi masukan bagi draft rekomendasi dan resolusi yang akan dibahas dalam Rakernas Partai NasDem 15-17 Juni mendatang. (RO/RN)

Add Comment