a

NasDem Usul Bangun Pabrik Pupuk di Jateng

NasDem Usul Bangun Pabrik Pupuk di Jateng

KARANGANYAR (16 Mei): Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan, Partai NasDem melalui Komisi VII DPR akan mengusulkan kepada Kementerian BUMN untuk membangun pabrik pupuk di Jawa Tengah (Jateng). Hal itu sebagai upaya menolong petani, mendapatkan kecukupan pupuk secara tepat waktu, dan harga terjangkau.

“Kan aneh ini, Jawa Tengah sebagai salah satu daerah lumbung padi, selama ini dipenuhi pupuk dari Kujang Jabar dan Petro Gresik. Jawa Tengah belum punya pabrik pupuk, padahal secara infrastrutural ada, misalnya di Cilacap,” kata Sugeng seusai membuka Festival Caping Sewu di Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Minggu (15/5).

Sugeng menilai Cilacap sangat memenuhi syarat, karena terdapat kilang minyak atau refinery. Dari segi pengangkutan juga baik, sebab memiliki pelabuhan yang sangat memadai.

“Karena itu saya selaku wakil rakyat dari Jawa Tengah yang kebetulan menjadi Ketua Komisi VII DPR sedang mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun pabrik pupuk di Jateng,” tegas Sugeng.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Tengah VIII (Kabupaten Cilacap dan Banyumas) itu meyakini keberadaan pabrik pupuk di Jateng akan lebih mampu memaksimalkan hasil pengelolaan tanaman pangan di Jateng, kebutuhan dan kecukupan menjadi lebih tepat waktu serta harga terjangkau.

“Yang jelas, NasDem menempatkan petani sebagai salah satu komponen strategis untuk menjadikan Indonesia semakin kuat pada sektor pangan. Ada sedikitnya 100 juta masyarakat yang terlibat,” imbuhnya.

Sugeng menambahkan, Partai NasDem tidak ingin gairah bertani turun dan ditinggalkan generasi penerus. Karena itu, NasDem akan menawarkan konsep baru bertani, yakni pertanian korporasi yang kepemilikannya secara koperasi.

“Kita iri melihat di banyak negara Eropa banyak truk besar memuat hasil pertanian dan hortikultura bertulisan koperasi. Kita yakin dengan pertanian korporasi kepemilikan koperasi, petani menjadi lebih maju dan makmur serta sektor pertanian terus menjadi sokoguru ekonomi bangsa,” tegas Sugeng.

Dalam kegiatan Festival Caping Sewu di Desa Rejosari, Karanganyar, ada perlombaan budaya ngiteri gabah (memilah bulir padi yang isi dengan yang kosong) dengan tampah. Kegiatan budaya yang digelar DPW Petani NasDem Jateng itu cukup menarik ratusan penonton. Apalagi, para peserta dengan gayanya masing masing memamerkan hasilnya kepada Ketua Pemenangan Pemilu Jawa III, Sugeng Suparwoto.

Bersamaan dengan kegiatan budaya Caping Sewu yang menampilkan hasil pertanian itu, dilantik pengurus DPD Petani NasDem Jateng dengan ketua Fauzi Bayu.

“Pelantikan ini menunjukkan bahwa NasDem hadir untuk petani,” tukas Fauzi.

Pada kegiatan budaya Petani NasDem Jateng itu juga Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan peralatan pertanian berupa 10 traktor, 15 pompa air, 10 cultivator, 20 hand sprayer. (MI/*)

Add Comment