a

NasDem Minta Pemerintah Gerak Cepat Respons Kasus Hepatitis Akut

NasDem Minta Pemerintah Gerak Cepat Respons Kasus Hepatitis Akut

JAKARTA (9 Mei) : Pemerintah diminta bertindak cepat dalam merespons persoalan kasus hepatitis akut yang diduga telah menyerang sejumlah anak. Respons cepat dibutuhkan untuk memberi ketenangan kepada  masyarakat dan menjadi tindakan preventif atas munculnya penyakit tersebut.

“Salah satu respons cepat itu, komunikasi publik pemerintah dalam menanggapi Hepatitis akut ini harus satu narasi yang solid, sistemik dan terukur, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” kata Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai NasDem, Okky Asokawati, dalam keterangannya, Senin (9/5).

Menurut Okky, selain persoalan komunikasi, langkah edukasi yang sifatnya preventif dapat ditingkatkan dengan menggandeng berbagai stakeholder di masyarakat. Langkah itu bisa dilakukan sembari menunggu perkembangan terkini mengenai Hepatitis akut di Indonesia.

“Pemerintah harus segera melakukan konsolidasi dengan melibatkan dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam serta unit pendidikan dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SLTA dengan melibatkan Kementerian Pendidikan Nasional untuk meningkatkan aspek pencegahan,” ucap Okky.

Anggota Komisi Kesehatan DPR RI dua periode itu menyebutkan, dalam menangani kasus penyebaran Hepatitis Akut, pemerintah dapat belajar ketika melakukan penanganan kasus Covid-19 pada tahun 2020 lalu. Semua dilakukan agar dapat lebih mengedepankan aspek preventif dalam merespons keberadaan Hepatitis Akut.

“Temuan kasus Hepatitis akut di sejumlah negara termasuk dugaan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia harus dijadikan bahan dalam merumuskan kebijakan publik di bidang kesehatan,” sebut Okky.

Dirinya juga mengingatkan, pemerintah harus belajar dari dinamika dalam perumusan kebijakan saat merespons pandemi Covid-19 lalu. Menurut dia, sikap preventif jauh lebih baik dilakukan untuk mengurangi ekses ekstrem yang muncul.

“Sikap preventif dan terukur harus dikedepankan sembari memberi informasi yang tepat ke publik. Ketenangan publik juga menjadi aspek penting dalam merespons keadaan saat ini,” tandas Okky.

(RO/RN)

 

Add Comment