a

Forum G20 Harapan Terakhir Satukan Dunia

Forum G20 Harapan Terakhir Satukan Dunia

JAKARTA (17 April): Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan mengatakan, forum G20 yang akan digelar di Bali pada September mendatang adalah harapan untuk mempersatukan dunia.

“Forum G20 adalah satu-satunya harapan terakhir kita untuk mempersatukan dunia. Karena kepentingan ekonomi, saat ini adalah alat yang paling kuat untuk mempersatukan negara di seluruh dunia,” ujar Farhan, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/4).

Menurut Farhan, PBB telah gagal menangani perpecahan yang terjadi akibat invasi Rusia ke Ukraina. Bahkan menambah jurang perpecahan antara negara yang pro, kontra dan abstain atas konfilk tersebut.

Terkait penolakan beberapa negara terhadap kehadiran Rusia di G20, Farhan percaya bahwa Pemerintah Indonesia mempunyai posisi yang kuat untuk memastikan seluruh kepala negara anggota G20 bisa hadir September 2022 mendatang.

“Fraksi Partai NasDem percaya bahwa pemerintah memiliki stand point atau posisi yang kuat, bahwa kita menginginkan semua kepala negara G20 hadir,” tambahnya.

Legislator NasDem dari Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung dan Kota Cimahi) itu pun mendorong Pemerintah Indonesia untuk total dalam diplomasi dengan kedepankan kepentingan ekonomi. Indonesia bisa mengajak Brasil dan India yang juga memiliki populasi besar untuk bersama-sama membangun kekuatan ekonomi baru.

“Amerika, Rusia, China, tiga kutub yang berbeda dengan kepentingannya yang sama-sama kuat. Tetapi dengan adanya kekuatan baru, Indonesia, India, dan Brasil, diharapkan bisa menyatukan semua anggota G20 dengan satu kepentingan, yaitu kepentingan ekonomi dunia,” pungkas Farhan.

(Dis/*)

Add Comment