a

Yessy Apresiasi Aplikasi Pelaporan KUR Kementan

Yessy Apresiasi Aplikasi Pelaporan KUR Kementan

JAKARTA (13 April): Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Yessy Melania, mengapresiasi peluncuran aplikasi pelaporan Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurut Yessy, peluncuran aplikasi tersebut sangat tepat untuk menggenjot penyerapan KUR sebagai alternatif pembiayaan usaha bagi para petani.

“Saya mengapresiasi kinerja Kementan terkait peluncuran aplikasi pelaporan KUR. Aplikasi ini sangat membantu petani dalam mengikuti secara prosedural administrasi dari persyaratan KUR,” ujar Yessy dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Senin (11/4).

Legislator NasDem itu mengatakan, transformasi dari cara tradisional menuju digital sangat dibutuhkan dalam menghadapi industri 4.0 yang mana semua akses harus dibuka secara transparan.

“Akses prosedural KUR harus mudah agar petani bisa menjadi bagian dari layanan KUR,” tambah Yessy.

Yessy juga menyampaikan terima kasih atas respon cepat jajaran Direktorat Jenderal Tanaman Pangan yang langsung bekerja menangani banjir di Kalimantan Barat (Kalbar) beberapa waktu lalu.

“Kami berterima kasih karena di sana (Kalbar) akan ada rencana untuk mengalokasikan sekitar 2.200 hektare untuk program budidaya tanaman sehat,” pungkas Legislator NasDem dari Dapil Kalbar II (Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau, dan Melawi) itu.

Sebagaimana diketahui, capaian penyaluran KUR Kementan selama 2021 sangat baik. Tahun 2021 KUR telah dinikmati oleh 7,5 juta debitur dan permintaannya terus meningkat. Adapun realisasi KUR pertanian tahun 2021 mencapai Rp85,5 triliun atau 122% dari target Rp70 triliun yang melibatkan 2,6 juta debitur. Capaian itu lebih tinggi dibandingkan capaian KUR pertanian 2020 yang hanya sebesar Rp55 triliun. (MI/*)

Add Comment