a

Program Aspirasi Subardi Terangi 40 Titik Jalan di Gunungkidul

Program Aspirasi Subardi Terangi 40 Titik Jalan di Gunungkidul

WONOSARI (11 April): Sebanyak 40 titik lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) terpasang di jalanan utama di Kalurahan Tegalrejo dan Watugajah, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

PJUTS tersebut merupakan bantuan dari PT Telkom atas aspirasi masyarakat melalui anggota Komisi VI DPR RI, Subardi. Program aspirasi tersebut dikawal langsung oleh Subardi hingga terlaksana.

“Kita bersyukur di awal tahun ini sudah terpasang 40 titik PJUTS. Mudah-mudahan ratusan titik lainnya segera rampung sampai akhir tahun ini. Akan saya kawal semua karena ini aspirasi masyarakat,” jelas Subardi, Senin (11/4).

Lampu PJU sangat dinanti warga, karena sebelumnya di lingkungan mereka banyak terdapat titik jalan yang masih gelap. Kini, dengan 40 PJU yang telah terpasang, aktivitas warga di malam hari lebih mudah dan aman.

Menurut Legislator NasDem dari dapil DIY itu, deretan lampu bertenaga surya itu memiliki teknologi modern dan menghasilkan cahaya yang terang. Teknologi tersebut dinilai lebih ramah lingkungan dan tidak merepotkan. Baterainya akan terisi otomatis dengan sinar matahari.

“Dengan teknologi surya, warga tak perlu khawatir terjadi listrik padam. PJU ini akan tetap menyala karena baterai secara otomatis terisi oleh sinar matahari,” tambah Legislator NasDem dari Dapil DIY itu.

Pemasangan dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (8-9/4). Warga menyaksikan para teknisi memasang, mulai dari perakitan panel surya hingga memastikan lampu menyala. Hadir perwakilan tim dari Subardi Center dan Porwadhi selaku anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi NasDem yang memantau pemasangan ini.

Salah satu warga, Wiwin, menyampaikan terima kasih kepada Subardi karena aspirasinya direalisasikan.

“Semua warga di sini sudah kenal dengan Mbah Bardi. Kita mengajukan permohonan lampu. Sekarang lampunya terpasang. Dulu di sini gelap, kalau mau ke luar pakai senter hape,” kata Wiwin yang menyaksikan pemasangan lampu di Padukuhan Prengguk, Tegalrejo, Gunungkidul.

(NK/*)

Add Comment