a

Ngaji Kitab Kuning di NasDem Tower Masuki Bahasan Keempat

Ngaji Kitab Kuning di NasDem Tower Masuki Bahasan Keempat

JAKARTA (11 April) : Kegiatan ‘Bahtsul Kutub’ atau ngaji Kitab Kuning yang digelar NasDem bakal memasuki bahasan keempat. Pada pertemuan keempat ini Daras Kitab Al-Ahkāmu ‘Sulthāniyyah karya Al-Mawardi bakal kedatangan Dosen Universitas Paramadina, Luthfi Assyaukanie, P.hD dalam mengupas topik Agama, Politik dan Kebebasan Berpendapat.

Acara bertajuk Ramadan Bersama NasDem itu merupakan persembahan Galeri Kebangsaan NasDem Tower yang akan berlangsung pada Senin (11/4) pukul 15:30-17:30 WIB di Perpustakaan Panglima Itam, lt 5 NasDem Tower, Jalan RP. Soeroso, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Pengantar dan Closing Remarks akan disampaikan langsung oleh Ketua Bidang Kaderisasi dan Pendidikan Politik DPP NasDem sekaligus Tim Perpustakaan Panglima Itam, Ahmad Baidhowi AR  dan dimoderatori Hodari Mahdan Abdallah dari ABN NasDem.

Kitab Al-ahkāmu ‘Sulthāniyyah lahir pada abad ke-10 di era kejayaan Dinasti Abbasiyah tepatnya di bawah kekuasaan pemerintahan Al-Qadir Billah (947-1031). Dari subtansi materi di dalamnya digambarkan bagaimana umat Islam mencoba membuat suatu tatanan kenegaraan yang menjelaskan hak seseorang untuk memimpin dan dipimpin.

Ngaji kitab kuning politik ini juga ingin melihat bagaimana praktik ketatanegaraan abad pertengahan memiliki virtue yang menegaskan pentingnya menjadikan sumber-sumber tatanan sosial merujuk pada perilaku Nabi, baik yang dimaktubkan dalam Al-Qur’an maupun Hadits.

Selain itu juga kajian ini ingin melihat bagaimana menjadikan kitab tersebut sebagai sumber inspirasi, prinsip ketatanegaraan ini dimungkinkan untuk dapat menjadi rujukan bagi praktek pendewasaan demokrasi di Indonesia yang masih relevan untuk diaplikasikan dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia.

Diskusi akan berlangsung secara daring dan luring secara bersamaan.

Untuk itu bagi para sahabat yang berkenan mengikuti secara luring dapat mendatangi langsung gedung NasDem Tower dengan terlebih dahulu mendaftar diri di link https://bit.ly/3uQnR9R .

Bagi para sahabat yang berkenan mengikuti secara daring caranya sangat sederhana cukup scan barcode yang terdapat dalam flyer atau menghubungi narahubung Inna Habibah 081234523844. (WH)

Add Comment