a

NasDem Sayangkan Putusan Bebas Dekan Fisipol Unri

NasDem Sayangkan Putusan Bebas Dekan Fisipol Unri

JAKARTA (4 April): Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Ary Egahni Ben Bahat menyayangkan vonis Pengadilan Negeri Pekanbaru, Riau, yang menjatuhkan putusan bebas murni terhadap Dekan Fisipol Universitas Riau (Unri) berinisial SH yang diduga melakukan pelecehan seksual.

“Kita sama-sama melihat bahwa seorang pendidik yang seharusnya sebagai sosok yang patut digugu dan ditiru, dibebaskan dengan begitu saja. Saya sebagai seorang perempuan dan dalam konteks sekarang sebagai anggota Panja RUU TPKS menyatakan, lawan ketidakadilan,” tegas Ary Egahni dalam Rapat Panja RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) di Ruang Rapat Baleg DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (31/3).

Anggota Fraksi Partai NasDem DPR itu prihatin karena Indonesia sebagai negara hukum harusnya menjunjung tinggi supremasi hukum.

“Tetapi sebagai perempuan, saya katakan, saya sedih dengan hal ini,” ujar Ary.

Pada Rabu (30/3), hakim PN Pekanbaru telah memutuskan SH tidak terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Karena itu, hakim menyatakan SH dibebaskan dari segala dakwaan dan terdakwa harus dibebaskan. Hakim menilai unsur dakwaan, baik primer dan subsider, tidak terpenuhi.

Atas putusan ini, puluhan mahasiswa Fisipol Unri yang ikut mengawal sidang, menangis dan menuntut JPU untuk melakukan kasasi terhadap putusan hakim PN Pekanbaru tersebut yang memberikan vonis bebas kepada SH. (dpr.go.id/*)

Add Comment