a

Surya Paloh Ingatkan Arti Penting Keteladanan dalam Berpolitik

Surya Paloh Ingatkan Arti Penting Keteladanan dalam Berpolitik

LAMPUNG (26 Maret) : Dalam acara pelantikan Pengurus DPW NasDem Provinsi Lampung, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, Surya Paloh mengingatkan betapa satu hal yang tak kalah penting dalam peran dan fungsi institusi partai politik adalah suri tauladan. Menurut Surya keteladanan merupakan satu elemen penting untuk menjaga masa depan bangsa ini.

Menurut orang nomor satu di Partai NasDem itu sejatinya keteladanan melalui pendidikan politik menjadi salah satu tugas yang diamantkan kepada para kader NasDem sebagai salah satu institusi partai politik.

Surya menekankan bahwa sesungguhnya kehadiran partai politik bukan hanya untuk sekadar mendapatkan hak-hak protokoler yang telah disediakan oleh konstitusi tetapi juga memiliki kewajiban menjaga stabilitas bangsa Indonesia. Hal itu yang menurut dia harus menjadi misi penting dan disadari bersama seluruh partai politik.

“Bahkan yang lebih menentukan masa depan dari pada peradaban bangsa ini adalah kemampuan kita dari waktu ke waktu secara konsisten ke negara ini yaitu pendidikan politik,” kata Surya di Novotel Lampung, Sabtu (26/3).

Menurut Surya, spirit dan nilai-nilai keteladanan bisa diperankan oleh siapapun dimulai dari elit-elit partai sampai kepada kader-kader partai politik yang terbawah untuk memberikan keteladanan arti keberadaannya sebagai anak bangsa yang mampu memberikan keseimbangan antara hak dan kewajiban yang dimiliki.

“Ini yang dibutuhkan oleh masyarakat ketika peran dan positioning yang kita perankan ini hanya ingin menikmati hak-hak protokoler yang ada itu bukan berarti kita semakin dekat dengan masyarakat dan rakyat,” kata dia.

Surya melanjutkan kader partai politik terutama NasDem harus mampu memberikan keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat. Pasalnya apabila tidak ada suri tauladan maka masyarakat akan semakin melabeli partai politik hanya sebagai kumpulan orang-orang yang hanya berpikir untuk kepentingan dirinya sendiri.

“Ini yang harus kita bisa pahami ketika masyarakat tidak merasa dekat tidak merasa yakin dan percaya kepada institusi-institusi resmi yang ada. Mereka beralih mencari dan membuat organisasi kemitraan dengan lembaga-lembaga yang tidak resmi dan ini tentu tidak memperkuat sistem ketatanegaraan kita,” kata Surya.

Maka untuk itulah Surya mengingatkan kepada seluruh pihak untuk mampu memperkuat indahnya harmoni dalam sebuah bangsa. Menurut dia dibutuhkan suasana kerja sama untuk saling membesarkan hati dalam memberikan nilai-nilai untuk memperkuat seluruh sendi kehidupan kebangsaan di Indonesia.

“Pikiran-pikiran positif inilah yang mesti kita mulai dalam berempati dan itu harus dimulai dari kepeloporan Partai NasDem untuk menawarkan pikiran gerakan perubahan untuk merestorasi bangsa ini,” tutup Surya.

(WH)

Add Comment