a

Fraksi NasDem DPR Terima Komnas Perempuan Bahas RUU TPKS

Fraksi NasDem DPR Terima Komnas Perempuan Bahas RUU TPKS

JAKARTA (23 Maret): Fraksi Partai NasDem DPR RI menerima audiensi Komnas Perempuan, di Ruang Rapat Fraksi Partai NasDem DPR RI, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (23/3).

Dalam pertemuan tersebut, Komnas Perempuan menyampaikan beberapa masukan terkait RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) yang kini tengah dibahas di Baleg DPR.

Hadir dalam audiensi tersebut, Ketua Fraksi NasDem DPR, Roberth Rouw, anggota Baleg dari Fraksi NasDem, Taufik Basari, Sulaeman L Hamzah, Lisda Hendrajoni, dan Hasnah Syam. Hadir pula fungsionaris Partai NasDem yang dipimpin Ketua DPP Partai NasDem Bidang Perempuan dan Anak, Amelia Anggraini.

Roberth Rouw mengaku bangga dengan kehadiran Komnas Perempuan untuk memberikan masukan terkait RUU TPKS.

“Saya bangga kehadiran Komnas Perempuan untuk bersama membahas RUU TPKS. Kami Fraksi NasDem ingin memberikan yang terbaik untuk perlindungan perempuan,” ujar Roberth.

Menurut Legislator NasDem dari Dapil Papua itu, sudah semestinya negara hadir untuk melindungi perempuan.

“Perempuan punya andil besar dalam hidup kita, mulai kita kecil. Bagaimana mungkin negara tidak hadir. Ini harus kita kawal,” ungkap Roberth.

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin mengapresiasi Fraksi Partai NasDem DPR yang sudah menginisiasi serta memperjuangkan RUU TPKS dari awal hingga kini sudah dibahas di Baleg.

“Kami apresiasi NasDem sudah berani menginisiasi RUU yang dulu namanya PKS (Penghapusan Kekerasan Seksual) yang kini menjadi TPKS. Sebuah langkah besar yang dibutuhkan untuk perlindungan perempuan, terutama dari kekerasan seksual,” imbuhnya.

Maria menambahkan, ada beberapa masukan yang disampaikan terkait RUU TPKS. Di antaranya menekankan tentang perlindungan terhadap korban kekerasan seksual, penghapusan jejak digital korban kekerasan seksual, pencegahan pelecehan siber, hingga pelibatan lembaga HAM untuk penanganan kekerasan seksual.(Dis/*)

Add Comment